Sukses

Instagram Rilis Fitur Co-Watching, Bisa Nonton Konten Bareng Lewat Video Chat

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru saja meluncurkan fitur baru yang diberi nama Co-Watching. Fitur ini hadir untuk mendukung aktivitas social distancing yang kini sedang dilakukan di tengah penyebaran Covid-19.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (26/3/2020), fitur ini memungkinkan pengguna melihat unggahan di Instagram bersama teman-temannya dengan memanfaatkan video chat.

Nantinya, pengguna dapat memulai video chat dengan mengetuk ikon recorder di Direct atau di utas di dalamnya. Pengguna dapat pula menambahkan orang yang dapat bergabung dalam video chat.

Setelah itu, pengguna dapat bersama-sama melihat unggahan yang disimpan, disukai atau disarankan engan mengetuk ikon foto yang terletak di bagian kiri bawah layar dalam video chat tersebut.

Fitur anyar ini akan tersedia untuk seluruh pengguna Instagram secara global, tapi aplikasi milik Facebook itu mengatakan akan menggulirkannya secara bertahap.

Tidak hanya itu, Instagram juga akan memberikan akses informasi akurat mengenai Covid-19 untuk para penggguna di aplikasinya.

Lewat informasi ini, pengguna yang mencari informasi soal Covid-19 akan melihat pesan edukasi dari akun Organisasi Kesehatan Dunia dan otoritas kesehatan setempat.

Saat ini, Instagram tengah berupaya secepat mungkin untuk layanan ini bagi pengguna di seluruh dalam beberapa minggu ke depan.

2 dari 3 halaman

Notifikasi di Aplikasi Instagram

Dalam beberapa minggu terakhir, Instagram secara bertahap juga mulai meluncurkan fitur notifikasi di bagian atas Feed Instagram pengguna yang berdomisili di negara-negara yang terdampak COVID-19.

Notifikasi itu berisi arahan bagi pengguna untuk mencari informasi terkini dan akurat dari organisasi kesehatan yang terpercaya.

Sebelumnya, Instagram telah mengarahkan pengguna ke akun organisasi tersebut saat mereka melakukan pencarian informasi seputar COVID-19 di Instagram melalui tagar.

3 dari 3 halaman

Hapus Akun yang Tidak Terpercaya

Hal lain juga dilakukan Instagram dengan menghapus akun Covid-19 tidak terpercaya dari daftar akun yang disarankan, termasuk konten soal Covid-19 yang diunggah oleh akun tidak terpercaya di Explore.

"Instagram hanya akan menampilkan konten Covid-19 dari akun organisasi kesehatan yang terpercaya," tutur perusahaan lebih lanjut.

Tidak hanya itu, Instagram juga mulai menyembunyikan (downrank) konten dari Feed dan Stories yang ditandai sebagai misinformasi oleh mitra pengecek pihak ketiga.

(Dam/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Facebook Prediksi Ada Perubahan Tren Konsumen saat Ramadan di Tengah Covid-19
Artikel Selanjutnya
Apple Sumbang 10 Juta Masker untuk Tenaga Kesehatan di AS dan Eropa