Sukses

Awas, Ada 17 Aplikasi Android yang Kuras Baterai Smartphone

Bitdefender menemukan 17 aplikasi yang membombardir pengguna dengan iklan, dengan total 550.000 kali instalasi, sehingga menguras baterai smartphone. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Para pengembang aplikasi nakal punya sejuta cara untuk membombardir pengguna dengan iklan, bahkan saat aplikasi tak dipakai.

Menurut laporan dari penyedia layanan antivirus Bitdefender, di antara taktik yang dipakai oleh pengembang adalah aplikasi menunggu 48 jam sebelum menampilkan iklan. Ada juga aplikasi Android yang menampilkan iklan selama berkala, hingga membagi kodenya menjadi beberapa file.

Aplikasi tersebut juga berisi sejumlah kode kerja yang melakukan hal-hal yang dijanjikan dalam deskripsi Google Play, sehingga terkesan aplikasi tersebut tidak bermasalah.

Mengutip laman Ars Technica, Kamis (16/1/2020), Bitdefender menemukan ada 17 aplikasi yang membombardir pengguna dengan iklan, dengan total 550.000 kali instalasi.

Secara teknis, aplikasi-aplikasi ini tidak diklasifikasikan sebagai malware karena mereka membatasi fungsi-fungsi untuk menampilkan iklan. Karena terus bekerja meski aplikasi tidak dipakai, baterai smartphone pengguna pun cepat terkuras habis.

Bitdefender menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi-aplikasi ini secepat mungkin karena bisa saja pengembang menyuntikkan malware di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sarankan Pengguna Hapus Aplikasi Iklan

Salah satu aplikasi yang dianalisa oleh Bitdefender berjenis simulasi racing. Aplikasi ini memiliki fitur in-app purchase yang berlaku jika pengguna ingin menambah fitur ekstra.

Aplikasi ini secara agresif menampilkan iklan yang menguras baterai dan kadang mencegah pengguna untuk bermain gim.

"Pengguna melihat banyak iklan, alih-alih bisa bermain gim saat memencet berbagai tombol berbeda," kata para peneliti di Bitdefender.

 

3 dari 4 halaman

Aplikasi Apa Saja?

Ke-17 aplikasi yang ditemukan oleh Bitdefender antara lain adalah:

1. Car Racing

2. 4K Wallpaper (Background 4K Full HD)

3. Background 4K HD

4. QR Code Reader & Barcode Scanner Pro

5. File Manager Pro - Manager SD Card/ Explorer

6. VMOWO City: Speed Racing 3D

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. Barcode Scanner

8. Screen Stream Mirroring

9. QR Code- Scan & Read a Barcode

10. Period Tracker - Cycle Ovulation Women's

11. QR & Barcode Scan Reader

12. Wallpaper 4K, Background HD

13. Transfer Data Smart

14. Explorer File Manager

15. Today Weather Radar

16. Mobnet.id: Big Fish Frenzy

17. Clock LED

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini