Sukses

Jakarta Alami Banjir, Facebook Aktifkan Fitur Safety Check

Facebook mengaktifkan fitur Safety Check saat terjadinya banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya. Fitur ini digulirkan untuk memberikan info keamanan seorang pengguna ke pengguna lainnya saat terjadinya bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mengaktifkan fitur Safety Check saat terjadinya banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya.

Fitur ini dihadirkan untuk memastikan keselamatan para pengguna Facebook yang tinggal di sekitar lokasi terdampak bencana.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (2/1/2020), fitur ini digulirkan sejak Rabu 1 Januari 2020, saat banjir mulai melanda.

Kini, fitur Safety Check telah digunakan oleh cukup banyak pengguna Facebook untuk menandai dirinya selamat karena bencana di awal 2020 ini.

Facebook mengaktifkan fitur Safety Checking untuk memastikan keselamatan penggunanya di wilayah Jabodetabek yang terdampak banjir (Foto: Screenshot Safety Checking)

Selain bisa menandai diri selamat atau tidak terdampak bencana banjir, di laman fitur Safety Check ini pengguna juga bisa saling berbagi informasi, foto-foto dampak banjir di berbagai wilayah, hingga para pengguna yang menawarkan atau meminta bantuan karena banjir ini.

Pengguna bisa menandai dirinya selamat atau tidak terdampak bencana banjir, sesuai dengan yang dialami. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Tawarkan atau Minta Bantuan

Untuk menawarkan atau meminta bantuan, pengguna hanya perlu masuk ke fitur Safety Check kemudian pilih menu Dukungan.

Dari situ, pengguna bisa membuat ungguhan, baik itu menawarkan atau meminta bantuan.

Misalnya untuk pengguna yang ingin menawarkan bantuan, bisa mengeklik opsi Tawarkan bantuan, diikuti dengan jenis bantuan yang ditawarkan, apakah itu shelter, tenaga, ataupun bahan makanan. 

Pengguna yang membutuhkan bantuan juga bisa membuat unggahan dengan mengeklik opsi Minta bantuan kemudian menyebutkan bantuan apa yang dibutuhkan. 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.