Sukses

7 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Beli Smartphone Android Baru

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum memilih smartphone baru, ada baiknya kamu mengetahui tentang beberapa hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika membelinya.

Toh, hampir semua vendor smartphone telah merilis berbagai smartphone dengan fitur kekinian.

Layar bezeless, kamera ganda, baterai berkapasitas besar adalah segelintir di antara fitur kekinian yang dibekalkan pada sebuah smartphone Android.

Bagi kamu yang sudah berniat ganti smartphone ke model terbaru, yuk cek beberapa hal yang perlu jadi pertimbangan saat beli smartphone Android baru kekinian.

1. OS atau Sistem Operasi

Android 10 yang baru saja dirilis oleh Google (sumber: Google)

Jika membaca artikel ini, kamu berarti sudah memutuskan untuk membeli smartphone berbasis Android.

Sebelum fokus ke satu seri ponsel pintar tertentu, ada baiknya kamu mengetahui sedikit informasi tentang OS buatan Google tersebut.

Paling tidak kamu mengetahui apa perbedaan dari dua versi Android terkini, yakni Android 9 Pie dan Android 10.

Toh, versi terkini Android 10 menawarkan sejumlah fitur baru dan unik. Namun, saat ini masih belum banyak seri smartphone yang beredar di pasaran memakai Android 10.

Kami sangat menyarankan kamu fokus di dua versi OS Android tersebut. Atau setidaknya minimal pilih yang sudah menggunakan Android Pie.

Kenapa? Karena kemungkinan besar perangkat Android Pie itu akan mendapatkan update ke Android 10 ketimbang versi Android sebelumnya.

Jangan tergiur harga rendah sebuah smarphone Android, tetapi masih menggunakan OS Android versi Nougat atau Marshmellow yang sudah lawas.

 

2 dari 5 halaman

2. Desain dan Fungsi

Tampilan belakang Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty

Selera pribadi juga terkadang mempengaruhi smartphone mana yang ingin dibeli, selain dukungan software.

Beberapa orang mungkin lebih suka bentuk atau bahan bodi smartphone yang berbeda dari yang lainnya, namun hal penting yang bisa jadi pertimbangan adalah kelengkapan fitur perangkat.

Salah satu fitur tersebut adalah port 3,5mm audiojack dan microSD. Banyak vendor smartphone menghilangkan fitur itu dengan berbagai alasan.

Karena itu, pertimbangkan semua hal berdasarkan fungsi dan fitur yang mungkin dibutuhkan saat membeli smartphone tersebut.

3. Ukuran Layar

Bagi kamu yang sering menikmati konten hiburan dan bermain gim di smartphone, ukuran layar adalah hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Berdasarkan pengalaman kamu, ukuran layar sebesar 5,7 inci sudah cukup menikmati beragam layanan video-on-demand (VOD) dan bermain gim saat dalam perjalanan.

 

3 dari 5 halaman

4. Prosesor dan RAM

Penampakan chip Snapdragon 865. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Prosesor merupakan komponen terpenting di dalam smartphone. Layaknya otak di dalam tubuh kita, prosesor merupakan pusat kendali seluruh fungsi komponen di dalam ponsel pintar kamu.

Berhubung sebagian besar smartphone saat ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, hal yang satu ini sudah pasti menjadi pilihan.

Walau begitu, Huawei dengan prosesor Kirin-nya mampu menawarkan performa yang setara dengan Snapdragon.

Komponen penting lain yang bakal mendukung performa smartphone adalah RAM. Perlu dicatat, secepat apapun prosesor yang digunakan smartphone tidak akan berfungsi optimal bila tidak didukung kapasitar RAM yang memadai.

Melihat perkembangan aplikasi, gim, dan fungsi smartphone yang semakin beragam, kami menyarankan untuk setidaknya memilih RAM minimal 4GB.

5. Storage

Saat ini, smartphone yang dirilis oleh vendor telah dibekali dengan beragam opsi ruang penyimpanan. Ada yang 32GB, 64GB, 128GB, dan seterusnya.

Masalahnya, ada sejumlah smartphone yang tidak lagi menghadirkan slot memori card untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan di smartphone.

Bila terpaksa untuk memilih yang tidak memiliki slot MicroSD, pastikan untuk memilih smartphone dengan kapasitas memori minimal 64GB.

 

4 dari 5 halaman

6. Kapasitas Bateri

Ilustrasi baterai android

Baterai berkapasitas besar tidak hanya ada di perangkat flagship. Buktinya sejumlah vendor mulai menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai besar.

Di 2019, smartphone dengan kapasitas baterai di atas 3.000mAh sudah menjadi standar ponsel pintar dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

 

5 dari 5 halaman

7. Kemampuan Kamera

Kamera selfie Oppo Reno 10x Zoom menggunakan desain pivot rising camera (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Vendor smartphone kini mulai memperhatikan kualitas dan fitur kamera yang terpasang diproduk buatan mereka masing-masing belakangan ini.

Terbukti, banyak perusahaan yang menawarkan berbagai macam fitur dan megapiksel yang fantasis untuk menarik perhatian pengguna.

Namun sekali lagi, kami menyarankan untuk tidak terlalu fokus kepada angka megapiksel yang tercantum di lembar teknis yang terpasang di samping produk penjualan toko.

Karena besarnya megapiksel tidak memberikan informasi lengkap dan penting tentang kemampuan kamera smartphone itu ketika mengambil gambar.

Baca berbagai artikel review tentang kemampuan kamera smartphone yang ingin kamu beli, sehingga tahu dengan jelas seperti apa kemampuan mereka.

So, selama berburu smartphone baru ya sobat Tekno Liputan6.com.

(Michael Alementa/Ysl)