Sukses

Begini Cara Cek Kondisi Layar Smartphone Saat Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta - Sejak beberapa tahun belakangan ini smartphone dengan layar sentuh telah menjadi tren dan menggeser ponsel pintar dengan keyboard QWERTY.

Dari tahun ke tahun, layar sentuh pada smartphone pun makin canggih, misalnya ketersediaan dukungan multitouch, rasio layar terhadap bodi yang makin tinggi, hingga sensor pemindai sidik jari di bawah layar.

Namun kadangkala, layar juga menjadi komponen smartphone yang paling sering mengalami kerusakan.

Salah satu keluhan yang banyak ditemui adalah layar tidak merespons sentuhan jari. Tidak jarang ini diketahui belakangan ketika tingkat kerusakan mulai parah.

Melihat kasus ini, startup lokal penyedia jasa servis laptop dan smartphone, Urgent.id, merilis layanan untuk memeriksa layar sentuh. Simak cara kerjanya berikut ini.

 

2 dari 3 halaman

Cara Periksa Layar Smartphone

Perikasi layar smartphone lewat Urgent.id. (Doc: Istimewa)

Cara kerja layanan ini cukup sederhana. Pengguna hanya perlu menyentuh seluruh permukaan layar smartphone.

Kunjungi alamat https://urgent.id/touch. Di sana Urgent.id menampilkan sebidang layar kosong berwarna hitam yang harus disentuh pengguna.

Ketika bagian layar yang disentuh masih berfungsi dengan baik, dalam arti dapat merespons sentuhan pengguna, maka warna bagian layar itu berubah menjadi biru.

Pengguna bisa memberi ketukan (tap) pada layar berkali-kali dan berpindah-pindah dari satu titik ke titik, baik secara acak maupun teratur.

Selain itu pengguna juga dapat menyapu layar (swipe) dari kiri ke kanan atau sebaliknya, serta dari atas ke bawah atau sebaliknya, entah secara teratur maupun acak.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Perikasi layar smartphone lewat Urgent.id. (Doc: Istimewa)

Jika seluruh bidang layar yang tadinya berwarna hitam telah berubah menjadi biru, maka dapat disimpulkan layar smartphone masih berfungsi dengan baik.

Namun bila ada bagian yang tetap berwarna hitam, meski sudah disentuh berulang kali, ada kemungkinan bagian layar itu mengalami kerusakan karena tidak dapat merespons sentuhan.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!

(Why/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Desain Samsung Galaxy Z Bocor, Mirip Smartphone Layar Lipat Bikinan TCL
Artikel Selanjutnya
Lolos TKDN, Samsung Galaxy Z Flip Segera Rilis di Indonesia