Sukses

Ingin Batasi Akses Aplikasi di Android? Trik Ini Patut Dicoba

Berikut ini adalah cara mudah untuk membatasi akses aplikasi Android di smartphone.

Liputan6.com, Jakarta Ribuan aplikasi Android baru dengan berbagai judul dan fungsinya dapat dipastikan muncul di Play Store setiap bulannya.

Tergantung pada jenis aplikasinya, dia mungkin akan meminta akses ke bagian-bagian tertentu dari smartphone kamu, entah itu, nomor kontak, kamera, mikrofon, GPS, data, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan akses ke hal-hal tersebut di smartphone, aplikasi yang diinstal pertama kali akan butuh permissions (izin).

Biasanya, beberapa aplikasi "nakal" seringkali meminta permissions ke fitur atau bagian yang tidak seharusnya mereka bisa akses.

Berdasarkan hal tersebut, apa yang harus kamu lakukan bilamana suatu hari ingin membatasi aplikasi mengakses fitur tertentu di smartphone?

Dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat (19/12/2019), berikut ini adalah cara mudah untuk membatasi akses aplikasi Android di smartphone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masing-Masing Perangkat Android Berbeda

Ilustrasi backup data android

Tergantung dari smartphone Android yang digunakan, terkadang tata letak pengaturan di ponsel pintar berbeda-beda. Tapi secara umum, mereka ada di menu Settings.

1. Buka aplikasi Settings

2. Cari menu Apps > Permissions

3. Pilih aplikasi yang ingin kamu ubah akesesnya

4. Lanjutkan dengan memilih fitur-fitur apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi tersebut, entah itu kamera, GPS, dan yang lainnya

5. Ulangi proses di atas bilamana kamu ingin mengubah akses aplikasi lainnya di perangkat Android.

 

3 dari 3 halaman

Berpotensi Bikin Aplikasi Tak Berfungsi

Android 10 yang baru saja dirilis oleh Google (sumber: Google)

Perlu diingat, terkadang mengubah akses dapat menyebabkan aplikasi tidak berfungsi dengan baik atau force close.

Ambil contoh Instagram. Bila tidak memberikan aplikasi ini akses ke fitur kamera dan foto galeri, kamu tidak akan bisa menggunakannya hingga mendapatkan izin akses ke fitur terkait.

Lainnya adalah bila ada aplikasi kalkulator yang meminta akses ke fitur GPS, foto, atau kontak yang tersimpan di smartphone.

Bila menemui hal seperti ini, maka ada baiknya kamu harus mencurigai aplikasi tersebut bermasalah atau tidak dapat dipercaya.

Toh buat apa aplikasi kalkulator butuh tahu lokasi kamu berada. Selamat mencoba ya sobat Tekno Liputan6.com.

(Michael Alementa/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini