Sukses

Mudahkan Siswa Belajar, Aplikasi Kelas Pintar Rilis Fitur Tanya

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Kelas Pintar besutan startup PT Extramarks Education Indoonesia resmi meluncurkan fitur Tanya.

Fitur Tanya merupakan layanan yang membantu siswa kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA untuk bertanya dan mendapatkan jawaban langsung dari guru ahli.

Dalam peluncuran Tanya di Jakarta, disebutkan fitur ini didedikasikan untuk menjadi tempat bertanya bagi para siswa. Dengan fitur ini diharapkan para siswa mendapatkan solusi atas pertanyaan yang muncul saat proses belajar di luar jam sekolah.

Country Manager PT Extramarks Education Indonesia, Fernando Uffie, menyebut, siswa biasanya melanjutkan proses belajar di rumah.

"Siswa seringkali mengalami kesulitan untuk mencari tempat bertanya karena orangtua kadang sibuk, guru les tidak ada setiap saat dan semakin bingung ketika mencoba mencari jawaban di internet. Untuk itu, Extramarks meluncurkan Tanya di aplikasi Kelas Pintar," kata Uffie dalam peluncuran Tanya di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Tanya, kata Uffie, bisa dijadikan sebagai tempat bertanya yang bisa diandalkan para siswa saat belajar di rumah.

Uffie mengatakan, aplikasi Tanya dapat ditemui di aplikasi Kelas Pintar pada 1 November 2019 yang bisa diunduh di Google Play Store. Sementara, untuk iOS, akan segera tersedia dalam waktu singkat.

Menurut Fernando Uffie, fitur Tanya ini bisa dimanfaatkan oleh pelanggan aplikasi Kelas Pintar secara cuma-cuma alias gratis.

Uffie menyebut, untuk memulai bertanya, siswa hanya perlu membuka aplikasi Kelas Pintar di perangkat dan memilih menu Tanya.

Selanjutnya, akan tampil pilihan subjek pelajaran sesuai dengan kelas atau tingkat pendidikan mereka. Siswa lalu mengirimkan pertanyaan berupa gambar atau foto. Tak butuh waktu lama, para siswa akan menerima jawaban dalam kurun waktu maksimal 15 menit dari saat pertanyaan diajukan.

Meski demikian, fitur Tanya di aplikasi Kelas Pintar ini hanya akan melayani pertanyaan yang dikirimkan antara pukul 18.00 hingga 21.00, di hari Senin sampai Jumat.

 

2 dari 2 halaman

Guru Ahli di Bidangnya

Peluncuran fitur Tanya di aplikasi Kelas Pintar. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Fernando Uffie mengatakan, ada ratusan guru yang ahli di bidang masing-masing yang menjadi mentor dan memberikan jawaban untuk tiap pertanyaan yang diberikan siswa.

Para guru yang bergabung untuk menjadi mentor ini merupakan lulusan universitas ternama yang ahli dalam bidang pelajaran masing-masing.

"Tenaga pengajar atau guru ahli di Kelas Pintar merupakan bagian dari tim akademik Kelas Pintar yang selalu siap menjawab pertanyaan siswa, mulai dari kelas 1 hingga kelas 12," katanya.

Uffie mengatakan, masing-masing tingkat dan bidang pendidikan dikelola oleh guru-guru yang berbeda, sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap siswa bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan, secara benar, cepat, dan dijawab oleh guru yang tepat.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
15 Antivirus Android Ini Ternyata Berbahaya
Artikel Selanjutnya
Tips Manajemen RAM untuk Android Biar Enggak Lemot