Sukses

Will.i.am ke Microsoft: Desain Surface Earbuds Hasil Jiplakan

Ia mengklaim pernah memperlihatkan desain bernama Buttons, serupa dengan Surface Earbuds kepada Microsoft empat tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Rapper Will.i.am menuding Microsoft telah mencuri desain untuk Surface Earbuds. Ia mengklaim pernah memperlihatkan desain bernama Buttons, serupa dengan Surface Earbuds kepada Microsoft empat tahun lalu.

"Ini menyakitkan, startup Afrika-Amerika yang mulai berjuang untuk menginspirasi anak-anak dengan teknologi melihat sebuah raksasa mencuri individualitas dan diferensiasi kami. #GetYOURownSTYLE #cultureTHEFT. @Microsoft ingat ketika saya memperlihatkan #BUTTONS kepada kalian empat tahun lalu?," tulis Will.i.am di Twitter, seperti dikutip dari Softpedia, Sabtu (5/10/2019).

Twit tersebut juga dilengkapi dengan foto perbandingan antara Buttons dan Surface Earbuds.

Desain Surface Earbuds sendiri sangat minimalis. Jika dilihat dari luar, aksesoris tersebut hanya terlihat seperti sebuah tombol sederhana, tanpa ada hiasan.

Surface Earbuds besutan Microsoft merupakan pesaing AirPods, yang bisa terhubung dengan perangkat Bluetooth apa pun, dan bahkan bisa bekerja dengan iPhone dan asisten digital Siri.

Namun Surface Earbuds memiliki fungsi ekslusif di Android, seperti dukungan untuk gesture, termasuk ketukan tiga kali yang dapat memulai pemutaran musik Spotify.

Surface Earbuds diumumkan beberapa hari lalu, dan penjualannya direncanakan pada akhir bulan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Microsoft Belum Merespons

Pihak Microsoft sejauh ini belum memberikan respons atas kritik Will.i.am tersebut. Bahkan dilaporkan ada kemungkinan raksasa piranti lunak tersebut tidak memberikan klarifikasi.

Sementara itu, banyak orang tampak memberikan dukungan kepada klaim Will.i.am. Namun, ada beberapa yang menilai musisi tersebut hanya mencoba mendapatkan hak cipta atas bentuk umum yakni desain melingkar pada kedua produk tersebut.

Dari sisi luar, kedua aksesoris tersebut memang memiliki desain melingkar yang mirip. Namun, Buttons yang dirilis Will.i.am memiliki kabel, sedangkan Surface Earbuds hadir dalam versi wireless.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.