Sukses

Ibu Kota Pindah, Jaringan Komunikasi Kalimantan Dipersiapkan Makin Andal

Liputan6.com, Nunukan - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan lokasi ibu kota baru, yakni di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menyusul pengumuman tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ternyata sudah bersiap mendukungnya. Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat peluncuran TV digital di wilayah perbatasan.

"Digitalisasi (termasuk TV digital) merupakan persiapan ibu kota pindah ke Kalimantan Timur. Kemkominfo sedang merancang jaringan baru di Kalimantan," tuturnya saat berada di Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (31/8/2019) kemarin. Dia pun menyebut ada rencana untuk membangun Palapa Ring khusus.

Pembangunan Palapa Ring khusus ini disebut untuk meningkatkan kehandalan infrastruktur telekomunikasi. Hal itu dilakukan mengingat akan ada perpindahan masyarakat yang cukup besar

"Jadi, diperkirakan bakal ada trafik internet yang meningkat. Karenanya, kita buat Kalimantan Ring untuk ditingkatkan keandalan infrastruktur," ujarnya menjelaskan. Rudiantara menargetkan infrastruktur tersebut setidaknya akan setara dengan Jakarta.

Selain meningkatkan keandalan infrastruktur, ada rencana untuk juga membangun gateway internasional langsung ke Kalimantan. Rencananya, proses itu dapat dilakukan dalam lima hingga 10 tahun mendatang.

"Setelah lima tahun, Kalimantan direncanakan punya gateway. Memang belum dapat dipastikan, tapi rencananya akan seperti itu," tutur pria yang akrab dipanggil Chief RA tersebut.

2 dari 2 halaman

Warganet Sambut Pengumuman Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Ilustrasi Tower BTS (iStockPhoto)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan lokasi ibu kota baru Republik Indonesia. Dalam pengumuman tersebut, Presiden Jokowi mengatakan lokasi Ibu Kota baru ada di Kalimatan Timur.

"Pemerintah telah melakukan kajian-kajian negara lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutainegara Provinsi Kalimatan Timur," tutur Jokowi.

Menyusul pengumuman tersebut, sejumlah respons pun dilontarkan warganet di Twitter. Beberapa cuitan warganet berisi ucapan selamat untuk dua kabupaten yang direncanakan sebagai ibu kota baru Indonesia.

Sementara sejumlah kicauan lain berisi harapan warganet dengan rencana kepindahan Ibu Kota ini. Untuk mengetahui seperti apa respons warganet soal rencana Kalimantan Timur menjadi ibu kota, berikut ini ada beberapa yang sudah dihimpun, Senin (26/8/2019).

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Smartfren Umumkan Pemenang Undian WOW Tahap Ketiga
Artikel Selanjutnya
Kunjungi Ibu Kota Baru, Jokowi Ingin Cek Lokasi untuk Istana Presiden dan Kantor Kementerian