Sukses

Huawei Sebut EMUI Bukan Sekadar UI Android

Liputan6.com, Jakarta - EMUI besutan Huawei ternyata masih kerap dianggap sebagai tampilan antarmuka (UI, user interface) atau launcher semata untuk Android. Namun pandangan tersebut, menurut Huawei, ternyata salah kaprah.

Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu, mengatakan EMUI sebenarnya adalah sistem operasi Android yang sudah dikustomisasi, bukan sekadar mengubah tampilan saja.

"Jadi masih ada miskonsepsi bahwa EMUI itu launcher atau UI. Namun, EMUI sebenarnya sistem operasi kustomisasi yang didasarkan pada Android," tuturnya pada para awak media di Jakarta, kemarin.

Android merupakan sistem operasi berbasis open source, sehingga dapat dikustomisasi. Di samping itu, Huawei memiliki tim yang mampu melakukan beragam perubahan tersebut.

"Karena kami memiliki tim pengembangan khusus, sehingga mampu menggarap setiap aspek dari Android. Jadi secara fundamental, EMUI adalah sistem operasi custom," ujarnya menjelaskan.

Untuk diketahui, Huawei sendiri sebenarnya baru memperkenalkan EMUI 10 ke publik. Dalam versi terbaru ini, Huawei melakukan tiga peningkatan utama di EMUI 10 mulai dari sisi desain, performa hingga menghapus batasan perangkat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Informasi Seputar EMUI 10

"Untuk EMUI 10, kami mengadopsi prinsip-prinsip desain di majalah, seperti headline lebih lapang dan ruang antarbaris lebih lenggang," tutur James menjelaskan.

Selain itu, bentuk ikon aplikasi di EMUI 10 dibuat lebih seragam, tidak seperti sekarang yang masih berbeda-beda. Huawei juga menerapkan palet warna dari Giorgio Morandi.

Lewat EMUI 10, Huawei juga memungkinkan pengguna untuk mengakses smartphone langsung dari PC. Jadi, pengguna dapat mengakses termasuk mengoperasikan smartphone lewat PC berbasis Windows.

"Namun untuk fitur ini, belum dapat dipastikan kehadirannya. Adapun fitur ini hanya mendukung sejumlah smartphone Huawei dengan Huawei Mate Book," ujar James.

Terakhir, dari sisi performa, EMUI 10 dipastikan menawarkan pengalaman lebih gesit tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna. Rencananya, seri pertama yang dapat menjajal EMUI 10 versi beta adalah P30 dan P30 Pro.

3 dari 3 halaman

Huawei Optimistis Harmony OS Tuai Sukses di Masa Depan

Sebelumnya Huawei juga resmi memperkenalkan sistem operasi anyar besutannya yang diberi nama Harmony OS. Sistem operasi baru ini menjadi solusi Huawei untuk tren perangkat pintar di masa depan.

Menurut Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu, di masa depan tren perangkat pintar tidak hanya berpusat di smartphone, melainkan banyak perangkat pintar dengan beragam model berbeda.

"Harmony OS merupakan solusi untuk kebutuhan perangkat pintar di masa depan yang berasal dari merek berbeda, tapi tetap memberikan pengguna pengalaman mulus," tuturnya saat berbicara dengan awak media di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Oleh karena itu, menurut James, Harmony OS memiliki kesempatan besar di masa depan. Terlebih, sistem operasi ini ditujukan untuk beragam perangkat pintar dan diprediksi akan menjadi ekosistem yang saling mendukung di masa depan.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.