Sukses

Bukan iPhone, Apple Lebih Pilih Kembangkan iPad Layar Lipat

Liputan6.com, Jakarta - Nama Apple memang tidak banyak diberitakan sebagai salah satu perusahaan yang bakal meluncurkan perangkat layar lipat. Berbeda dari Samsung, Huawei, dan Microsoft.

Namun dari laporan terbaru, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu dilaporkan akan mengikuti jejak sejumlah perusahaan teknologi lain. Jadi, Apple akan merilis perangkat dengan layar yang dapat dilipat

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (7/7/2019), informasi ini diketahui dari laporan analis beberapa waktu lalu. Kendati demikian, Apple disebut akan mengambil pendekatan berbeda dari perusahaan lain.

Menurut laporan, alih-alih mengembangkan iPhone layar lipat, Apple ternyata lebih memilih membuat iPad layar lipat. Langkah ini mirip dengan Microsoft yang digadang-gadang tengah mengembangkan Surface layar lipat.

Perangkat besutan Apple ini diperkirakan memiliki layar 11 atau 15 inci. Meski terbilang telat, perusahaan sudah siap untuk merilis perangkat ini di tahun depan.

Sayang, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai perangkat ini, kecuali laporan yang menyebut tablet layar lipat ini akan memakai prosesor seri A besutan Apple dan sudah mendukung jaringan 5G.

Perlu diketahui, ini bukan kali pertama Apple dikabarkan bakal memiliki perangkat layar lipat. Sebelumnya, perusahaan itu diketahui sudah mendaftarkan paten untuk perangkat layar lipat di kantor paten Amerika Serikat.

Hingga sekarang, Apple sendiri belum berkomentar mengenai rumor perangkat layar lipat yang dikembangkannya. Karena itu, menarik untuk menunggu informasi resmi dari perusahaan.

2 dari 3 halaman

Pendiri Apple Khawatir Belum Ada iPhone Layar Lipat

Sebelumnya, pendiri Apple Steve Wozniak memang sempat mengutarakan kekhawatirannya karena perusahaan hingga sekarang belum memperkenalkan perangkat layar lipat. 

Wozniak dalam wawancara dengan Bloomberg, mengatakan Apple telah memimpin dalam waktu yang sangat lama di sejumlah area seperti Touch ID, facial ID, dan proses pembayaran yang mudah dengan ponsel.

Beberapa ada yang beranggapan Apple memimpin tren smartphone all screen atau layar penuh, dengan peluncuran iPhone X pada 2017.

Kendati demikian, Wozniak melihat Apple terlambat dalam beberapa segmen tertentu. Salah satunya yang paling terlihat adalah di segmen smartphone lipat.

Ia mengatakan sangat ingin memiliki smartphone lipat, dan itu juga merupakan teknologi yang paling menonjol saat ini.

"Apple belum menjadi pemimpin di beberapa area seperti ponsel lipat, dan itu mengkhawatirkan karena saya sangat menginginkan sebuah ponsel lipat," ungkap Wozniak.

Meski Apple belum akan mengumumkan smartphone lipat pada tahun ini, Wozniak tetap optimistis dengan kesuksesan perusahaan di masa depan.

3 dari 3 halaman

Ini Bukti Apple Akan Luncurkan iPhone Layar Lipat?

Pada awal tahun ini, Apple memang dilaporkan ternyata telah mengembangkan perangkat yang dapat dilipat secara rahasia.

Kabar ini terungkap setelah desain paten yang didaftarkan pada 12 Oktober 2018 muncul di laman web USPTO, sebagaimana dilansir BGR, Minggu (17/2/2019).

Diberi nama Flexible Display Devices, Apple melakukan riset berbagai jenis perangkat yang dapat dilipat untuk masa depan, tak hanya terbatas pada produk smartphone.

"Akan menarik untuk dapat menggunakan teknologi layar yang fleksibel sehingga menjadi perangkat elektronik yang lebih baik," tulis Apple.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Sontek Teknologi Kamera Baru iPhone untuk Galaxy S11?
Artikel Selanjutnya
Usai Umumkan Perangkat Baru, Apple Pangkas Harga iPad Pro 1TB