Sukses

Huawei Berusaha 16 Smartphone Ini Dapat Android Q

Huawei menyampaikan komitmennya untuk terus memberikan dukungan terhadap produk-produk yang digunakan konsumennya.

Liputan6.com, Jakarta - Huawei menyampaikan komitmennya untuk terus memberikan dukungan terhadap produk-produk yang digunakan konsumennya.

Meski terancam tak bisa menggunakan OS Android di masa depan, Huawei berusaha agar sejumlah smartphone miliknya tetap bisa mencicipi Android Q.

Dikutip dari Tech Radar, Jumat (21/6/2019), Huawei mengatakan berencana memberikan upgrade software untuk 16 smartphone miliknya, tidak hanya P30 dan Mate 20 Pro.

Berikut 16 smartphone yang diajukan Huawei kepada Google, untuk mendapatkan pembaruan OS ke Android Q:

1. P30 Pro

2. P30

3. Mate 20

4. Mate 20 Pro

5. Porsche Design Mate 20 RS

6. P30 lite

7. P smart 2019

8. P smart+ 2019

9. P smart Z

10. Mate 20 X

11. Mate 20 X (5G)

12. P20 Pro

13. P20

14. Mate 10 Pro

15. Porsche Design Mate 10

16. Mate 10

Lebih lanjut, sumber TechRadar mengatakan seri Honor 20 terbaru, termasuk Honor 20 Pro dan 20 Lite juga akan mendapatkan Android Q.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Huawei Ajukan Merek Dagang OS HongMeng

Adapun Huawei sedang bekerja keras mengerjakan OS alternatif, dan bersiap merilis perangkat pertama dengan OS HongMeng pada Oktober 2019. Sebelum dirilis, perusahaan sedang mengurus merek dagang OS tersebut.

Dilansir GSM Arena, Huawei dilaporkan mendaftarkan merek dagang HongMeng di World Intellectual Property Organization (WIPO). Hal ini terungkap database merek global WIPO.

Merek dagang HongMeng ini didaftarkan untuk berbagai wilayah, termasuk Australia, Kanada, Kamboja, Uni Eropa, Indonesia, India, Meksiko, Spanyol, Swiss, dan Thailand.

Pada bulan lalu, merek dagang HongMeng sudah mendapatkan persetujuan dari Chinese National Intellectual Property Administration (CNIPA). Pada merek dagang tersebut terdapat keterangan, HongMeng akan digunakan untuk berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet, dan PC.

Huawei sendiri saat ini sedang menyiapkan satu juta perangkat berbasis OS HongMeng, tapi bukan untuk dijual kepada konsumen. Seluruh produk tersebut bertujuan untuk proses pengujian.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Huawei