Sukses

Video Gim Minecraft dan GTA V Palsu Tebar Malware, Jerat 930 Ribu Korban

Lebih dari 930.000 pengguna terkena serangan malware yang disebar lewat video gim Minecraft dan GTA V palsu.

Liputan6.com, Jakarta - Kaspersky Lab baru saja menggulirkan laporannya terkait pelaku kejahatan siber yang mengambil keuntungan dari peningkatan permintaan video gim paling populer dengan mendistribusikan malware melalui salinan palsu.

Lebih dari 930.000 pengguna terkena serangan tersebut dalam kurun waktu 12 bulan dari awal Juni 2018 hingga awal Juni 2019. Lebih dari sepertiga serangan hanya berpusat pada tiga gim.

Minecraft menempati urutan pertama karena gim tersebut menyumbang sekitar 30 persen dari serangan, dengan lebih dari 310.000 pengguna terkena infeksi.

Di tempat kedua adalah GTA V, yang menargetkan lebih dari 112.000 pengguna. Kemudian Sims 4 menempati posisi ketiga dengan menyerang hampir 105.000 pengguna.

"Selama berbulan-bulan kami melihat bahwa pelaku kejahatan siber mengeksploitasi sektor hiburan untuk menyerang pengguna dengan mengejutkan, baik itu serangkaian acara TV populer, pemutaran perdana film-film top atau video game populer," kata Maria Fedorova, peneliti keamanan di Kaspersky Lab, melalui keterangannya, Selasa (18/6/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Waspada

Ia menambahkan, jika mereka tetap tidak waspada pada hal kecil seperti penyamaran malware pada video game seperti ini, maka tidak dibutuhkan ancaman tingkat tinggi seperti vector infeksi untuk keberhasilan serangan.

"Kami terus mendesak semua orang untuk tetap waspada, menghindari platform digital dan penawaran yang mencurigakan, serta menginstal perangkat lunak keamanan dan melakukan pemindaian keamanan reguler pada semua perangkat yang digunakan untuk bermain gim,” ucap Maria.

 

3 dari 3 halaman

Tangkal dengan Langkah Berikut

Untuk menghindari menjadi target program berbahaya yang menyamar sebagai video gim, Kaspersky merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

- Gunakanlah layanan sah dengan reputasi yang telah terbukti.

- Berikan perhatian ekstra pada keaslian situs web. Jangan mengunjungi situs web yang mengizinkan pengunduhan permainan video sampai Anda yakin itu sah dan mulailah dengan 'https'. Mengkonfirmasi bahwa situs web tersebut asli dengan memeriksa ulang format URL atau ejaan nama perusahaan, sebelum memulai unduhan.

- Jangan mengklik tautan mencurigakan, seperti yang menjanjikan peluang untuk memainkan game pra-rilis.

- Gunakan solusi keamanan yang andal untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman, seperti Kaspersky Security Cloud.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini