Sukses

Ups, Ternyata Password Kamu Bisa Ketahuan Dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi dibidang keamanan siber menemukan kalau ada cara terbaru yang digunakan oleh hacker untuk membobol password kamu. Alih-alih menggunakan perangkat lunak, mereka "mendengarkan" cara pengguna mengetik.

Penelitian dari Universitas Cambridge di Inggris dan Universitas Linkoping di Swedia baru saja menemukan kalau cara seseorang mengetik kata sandi bisa "didengarkan".

Dikutip dari Cult of Mac, Senin (10/6/2019), para peneliti menggunakan tes algoritma dan berhasil menebak 31 dari 50 password terdiri dari digit dengan benar hanya dari 10 kali percobaan.

Mereka "merekam" 45 partisipan yang sedang mengetik password di perangkat Android seperti ponsel pintar dan tablet, kemudian menafsirkan audio ketikan tersebut lewat mesin algoritma menggunakan gelombang suara yang melewati mikrofon perangkat.

Algoritma nantinya dapat memprediksi asal dari getaran yang dihasilkan ketikan tersebut.

2 dari 2 halaman

Untungnya, Belum Dikembangkan Peretas Manapun

Kemungkinan dari penelitian ini memang cukup gila, namun untungnya para peneliti ini memprediksi bahwa algoritma seperti ini belum digunakan hacker mana pun.

"Saat ini sulit sekali membayangkan para peretas mengembangkan jenis serangan ini. Di masa depan tentu kami akan mengembangkannya terlebih dahulu sebagai upaya pencegahan," ujar kepala peneliti, Ilia Shumailov dari Universitas Cambridge kepada Wall Street Journal.

Memang untuk berhasil, hacker harus menginfeksi smartphone dengan malware dan mendapatkan akses ke mikrofon. Meskipun tidak sulit, membuat algoritma untuk menafsirkan suara ketikan akan membutuhkan waktu yang lama.

(Tik/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Hacker Bobol Flipboard, 100 Juta Data Pengguna Bocor
Artikel Selanjutnya
Retas Apple 2 Kali, Hacker Remaja Ini Berharap Dapat Kerja di Sana