Sukses

Ini 5 Tips Jitu Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Daya tahan baterai smartphone merupakan salah satu yang dibutuhkan para pemudik, yang pulang ke kampung halaman menggunakan jalur darat.

Perjalanan yang jauh, besar kemungkinan dapat membuat baterai smartphone habis, apalagi jika tidak membawa powerbank.

Smartphone saat ini seakan sudah menjadi benda wajib untuk menemani selama perjalanan mudik. Hal ini terutama jika pemudik menghabiskan waktu lebih dari 24 jam di perjalanan.

Penggunaan smartphone tak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga mencari berbagai hiburan seperti bermain gim atau menonton video.

Nah bagi pengguna Android, jika Anda ingin perjalanan mudik tetap lancar tanpa kendala baterai smartphone, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Berikut rangkuman 5 tips untuk menghemat baterai smartphone, seperti dikutip dari PC Mag, Selasa (4/6/2019):

1. Aktifkan Power Saving Mode

Fitur ini sangat berguna jika berada dalam situasi membutuhkan daya baterai lebih lama dibandingkan biasanya. Penggunaan fitur ini akan secara otomatis mengurangi berbagai fungsi pada smartphone, yang dapat memakan daya baterai.

Cara mengaktifkan fitur ini pada sejumlah smartphone mungkin berbeda. Biasanya, fitur ini bisa ditemukan di pengaturan baterai.

2. Pakai WiFi

Jaringan data cukup membebani daya baterai, terutama jika kualitasnya tidak stabil. Jadi opsi terbaik, gunakan WiFi kapan pun jika memungkinkan.

Anda dapat menonaktifkan penggunaan data seluler pada opsi pengaturan ponsel, dan beralih ke WiFi. Selain itu, juga bisa menggunakan Airplane Mode untuk mematikan semua fitur jaringan seluler dan hanya mengandalkan WiFi, tapi ini akan mengganggu panggilan masuk dan SMS.

2 dari 3 halaman

3. Jangan Pakai Fitur Pelacakan

Penggunaan fitur-fitur seperti layanan pelacakan lokasi, Bluetooth, dan NFC, memang sangat membantu, tapi juga menguras baterai. Sebaiknya, gunakan saja jika benar-benar dibutuhkan.

Jika Anda memiliki perangkat Samsung, maka bisa menonaktifkan fitur asisten suara Bixby. Menonaktifkan fitur asisten digital semacam ini juga bisa menghemat baterai.

4. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Seiring perkembangan smartphone, layarnya kini memiliki kualitas yang bagus seperti resolusi yang tajam dan piksel melimpah. Namun, hal ini justru menguras daya baterai.

Hal yang harus dilakukan yaitu jangan menaikkan tingkat kecerahan baterai terlalu tinggi. Pengguna smartphone bisa mengatur tingkat kecerahan baterai secara manual.

Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan auto brightness. Fitur ini memang bisa menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kebutuhan, tapi juga bisa meningkatkannya lebih tinggi daripada seharusnya.

Anda juga bisa mengatur waktu aktif layar. Pada pengaturan layar, terdapat opsi untuk membuat layar menjadi gelap setelah beberapa detik atau menit, tidak digunakan.

3 dari 3 halaman

5. Atur Aplikasi

Para developer berusaha keras memastikan aplikasi mereka berjalan seefisien mungkin. Oleh sebab itu, perbarui aplikasi Anda sesering mungkin untuk memastikan smartphone menjalankan versi terbarunya.

Sayangnya, proses pembaruan aplikasi memakan data dan daya baterai. Tak ada salahnya untuk membatasi pembaruan aplikasi atau bahkan OS sampai Anda bisa menggunakan WiFi. Cara lain, matikan opsi pembaruan aplikasi secara otomatis untuk sementara waktu.

Tips lainnya, tutup semua aplikasi yang berjalan di background untuk menghemat daya baterai.

Selamat mudik Lebaran!

(Din/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Siaran Langsung di Facebook Live Lewat Android dan PC
Artikel Selanjutnya
Smartphone Kamu Sering Cepat Panas? Trik Ini Patut Kamu Coba