Sukses

Kembangkan AI dan Deep Learning untuk Smart City, Qlue Gandeng Nvidia

Liputan6.com, Jakarta - Qlue baru saja mengumumkan kolaborasinya dengan Nvidia dalam Nvidia Inception Program, sebuah program akselerator untuk startup teknologi yang memanfaatkan deep learning dan artificial intelligence.

Kolaborasi ini dilakukan untuk mendorong inovasi kedua teknologi tersebut demi perwujudan smart city yang lebih baik.

Nvidia Inception adalah program akselerator virtual untuk startup yang bertujuan untuk mengembangkan startup berdedikasi dan berpotensi tinggi yang merevolusi industri melalui teknologi artificial intelligence dan data science.

Setiap startup yang bergabung dalam program ini nantinya bakal mendapatkan berbagai benefit, mulai dari pelatihan dari para pakar, program hibah untuk perangkat keras (hardware), serta dukungan pemasaran.

“Nvidia Inception program akan membantu kami dalam menyatukan berbagai pengetahuan teknis dan bisnis dalam memberikan solusi artificial intelligence dan deep learning, yang telah tersedia dalam Qlue," kata founder dan CEO Qlue, Rama Raditya.

"Dengan adanya dukungan Nvidia ini diharapkan akan mengoptimalkan teknologi Qlue yang telah ada sebagai bagian dari solusi smart city. Program ini akan membuka akses ke ahli-ahli deep learning, dukungan GPU dan software Nvidia, memberikan pelatihan dari Nvidia Deep Learning Institute, dan dukungan dari sisi marketing yang akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mengembangkan Qlue," tambahnya. 

 

2 dari 4 halaman

Pengembangan Produk Berbasis AI dan Deep Learning

Melalui kerjasama tersebut, Qlue akan memanfaatkan Nvidia Inception program untuk mengembangkan produk berbasis artificial intelligence dan deep learning.

Berbagai inovasi teknologi Qlue menghadirkan solusi secara real time sehingga dapat memberikan analisa dan rekomendasi untuk pengambil kebijakan, baik itu di tingkat pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Qlue juga menawarkan berbagai solusi teknologi berbasis artificial intelligence dan deep learning, seperti QlueVision sebagai solusi analisa video berbasis artificial intelligence untuk mengidentifikasi perilaku manusia, penghitungan kendaraan dan manusia, identifikasi wajah dan indentifikasi plat nomor kendaraan.

QlueVision telah membantu berbagai pemerintahan kota/kabupaten, badan pemerintah, dan perusahaan untuk bekerja lebih efisien dan mengurangi kesalahan manusia secara signifikan.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan Nvidia

Senior Manager Channel and Alliances (Pacific South) Nvidia, Budi Harto, mengungkapkan kalau Nvidia senang dapat mendukung Qlue untuk mengembangkan produk berbasis artificial intelligence dan deep learning.

“Nvidia memberikan apresiasi kepada Qlue karena telah memberikan berbagai solusi teknologi dengan menggunakan artificial intelligence dan deep learning untuk mewujudkan smart city di Indonesia. Kami menilai Qlue telah memberikan perubahan besar pada pemanfaatan teknologi AI di Indonesia sejak berdiri pada 2016 lalu," kata Budi.

Untuk itu, sambungnya, Nvidia akan memfasilitasi Qlue dalam pengembangan berbagai produk artificial intelligence dan deep learning dengan berbagai teknologi dan pengetahuan dari Nvidia.

Dukungan dari Nvidia akan membantu Qlue untuk ekspansi ke pasar baru dan memastikan teknologi artificial intelligence yang dikembangkan Qlue menjadi yang terdepan dalam solusi dan ekosistem smart city.

“Kami membangun Qlue untuk mewujudkan gagasan smart city di Indonesia. Program Nvidia Inception akan mempercepat terwujudnya smart city di Indonesia dengan memaksimalkan seluruh potensi Qlue yang akan memberikan peningkatan nilai untuk perusahaan, investor, dan masyarakat untuk mempercepat perubahan positif dan menjadikan Indonesia smart nation,” tandas Rama.

(Jek/Ysl)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Qlue Segera Sambangi Bandung, Makassar, dan Kupang
Artikel Selanjutnya
Kecerdasan Buatan Bisa Prediksi Kematian Manusia