Sukses

Qualcomm Luncurkan 3 Chipset Snapdragon Baru

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm pada Rabu (/4/2019) mengumumkan tiga chipset baru, Snapdragon 730, 730G, dan 665 Mobile Platform.

Jajaran produk baru ini didesain untuk menyuguhkan konsumen pengalaman yang lebih baik dalam gaming, Artificial Intelligence (AI) dan performa.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (12/4/2019), deretan perangkat pertama yang akan disokong dengan ketiga chipset tersebut akan menyambangi pasar pada pertengahan tahun ini. Ketiganya diharapkan bisa melampaui ekspektasi konsumen.

"Dengan diperkenalkannya Snapdragon 730, 730G, dan 665 Mobile Platform, kami menghadirkan fitur-fitur seperti AI yang canggih, gaming yang luar biasa, dan kemampuan kamera canggih hingga berbagai spektrum perangkat dengan kinerja luar biasa. Setiap iterasi Snapdragon mendorong inovasi besar yang akan melampaui harapan pelanggan," ungkap Vice President Product Management Qualcomm, Kedar Kondap.

Snapdragon 730 merupakan SoC seri 7 pertama dari Qualcomm, yang memiliki fitur-fitur tertentu yang sebelumnya hanya ada pada seri flagship chipset 8.

Kemampuan AI pada chipset yang menggantikan Snapdragon 710 ini akan menyuguhkan pengambilan gambar intuitif, gaming lebih baik, dan performa yang lebih optimal.

Snapdragon 730 dilengkapi AI Engine multi-core generasi keempat Qualcomm, yang dua kali lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Di dalamnya juga terdapat image signal processor (ISP) Qualcomm Spectra 350.

ISP ini memberikan penghematan daya empat kali lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, dan bisa mendukung tiga kamera yang terdiri dari lensa telephoto, ultra-wide, dan portrait. Perangkat juga akan bisa merekam video 4K HDR dalam mode portrait.

Dibuat menggunakan proses 8nm, Snapdragon 730 mencakup unit GPU Adreno 618 dan grafis yang menggunakan daya 20 persen lebih sedikit daripada Open GL ES.

Ini artinya, gamer bisa mendapatkan grafis yang lebih baik dan daya tahan baterai lebih lama.

2 dari 3 halaman

Perkuat Ponsel Gaming

Chipset Snapdragon 730G dibuat untuk ponsel gaming, dan hal ini digambarkan dengan keberadaan huruf "G" pada namanya.

Berbekal GPU Adreno 618 yang ditingkatkan, rendering grafis 15 persen lebih cepat dibandingkan yang terlihat pada Snapdragon 730.

Qualcomm telah bertemu dengan beberapa developer gim mobile terkenal untuk membantu mengoptimalkan Snapdragon 730G.

Pada chipset ini, terdapat fitur Jank Reducer, yang menghilangkan 90 persen jank dengan gim berjalan pada 30fps.

Chipset ini juga memastikan gamer tidak akan berbuat curang, dan latency manager WiFi akan membantu gameplay berjalan lancar. Tampilan gim juga akan terlihat lebih realistis.

Sementara itu, Snapdragon 665 diperuntukkan bagi smartphone segmen menengah. Namun, chipset ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Salah satunya Qualcomm AI Engine generasi ketiga. Ini memberikan performa dua kali lebih baik dibandingkan generasi pertama AI Engine. Berbicara soal AI, Spectra 165 ISP yang ada di dalam chipset memiliki berbagai kemampuan AI.

Chipset ini juga mendukung tiga kamera yang terdiri dari telephoto, wide angle, dan ultra-wide. Snapdragon 665 juga bisa menangani gambar yang diambil dengan sensor 48MP.

Bagi gamer, chipset ini datang bersama GPU Adreno 610 untuk gameplay yang lebih baik. Snapdragon 665 menggunakan CPU Kryo 260, dan Snapdragon X12 LTE Modem yang bisa menangani kecepatan unduhan 4G LTE hingga 600Mbps.

(Din/Jek)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Qualcomm dan Samsung Tak Akan Jual Modem 5G kepada Apple
Artikel Selanjutnya
Qualcomm: Kamera Smartphone 100MP Bakal Hadir Tahun Ini