Sukses

Fungsi VGA Card dan Jenisnya, Gamers Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta VGA Card atau biasa juga disebut sebagai Video/display card atau graphics adapter ini memiliki fungsi utama untuk mengolah dan menerjemahkan output komputer ke layar monitor.

Fungsi VGA Card ini sangat wajib untuk dimengerti oleh para gamers. Bisa dibilang gamers yang tidak mengerti tentang fungsi VGA Card ini bukanlah gamers sejati, karena VGA card merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk komputernya para gamers.

Selain itu untuk orang-orang yang bekerja di bidang grafis juga wajib memiliki VGA Card ini, karena memerlukan tampilan grafis yang tinggi dalam pekerjaan mereka.

Fungsi VGA card beserta jenis-jenisnya seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/3/2019).  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian VGA Card

VGA Card atau biasa disebut kartu grafis adalah suatu perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer ke layar monitor.

Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan langsung di komputer (VGA card onboard), sehingga jika kamu hanya menggunakan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing, maka tidak perlu menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Namun, jika kamu menggunakannya untuk keperluan gaming dan grafis yang memerlukan tampilan grafis yang tinggi, maka wajib hukumnya menggunakan VGA Card ini, bisa memakai VGA card ATI atau Nvidia.

VGA card ini memiliki berbagai macam spesifikasi. Kalau kita hobi gaming seperti dota atau game online lainnya, desain grafis, dan bahkan banyak juga sekarang game PC offline yang menawarkan grafik yang sangat menawan, kita membutuhkan VGA card dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis VGA Card

1. VGA Card On Board

VGA card On Board adalah VGA card yang biasa kita temukan pada komputer ataupun laptop dengan spesifikasi standar. Biasanyaa komputer atau laptop dengan VGA on board ini tidak digunakan untuk gaming ataupun desain grafis.

Seperti namanya, VGA on board merupakan jenis VGA yang sudah menyatu dengan motherboard dari suatu komputer atau laptop. Hal ini menyebabkan VGA on board tidak dapat di upgrade menjadi lebih tinggi kualitasnya.

VGA onboard sendiri juga lebih banyak digunakan pada fitur standar dari suatu software, sehingga kebanyakan laptop ataupun komputer yang memiliki VGA on board tidak terlalu unggul dalam hal grafisnya. Apabila kita hanya menginginkan komputer atau laptop dengan fitur standar, maka laptop dengan VGA on board ini cocok buat kita.

2. VGA Card

VGA card ini merupakan kartu grafis yang terpisah dari komputer atau laptop.

Bagi kita yang senang dengan tampilan grafis, bermain game dan juga melakukan desain, maka komputer dengan VGA Card ini merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat.

Ada beberapa jenis VGA Card berdasarkan besar memorinya, yaitu:

- Dynamic RAM (DRAM)

 VGA card DRAM ini biasanya digunakan di komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan pilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM ini biasanya 80ns/70ns yang ditanamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

- EDO RAM

VGA Card EDO RAM ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafik 64 bit. EDO RAM memiliki kecepatan 60ns-35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lain-lain.

- SGRAM (VRAM)

VGA Card SGRAM atau VRAM ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis berkelas tinggi, misalnya komputer untuk 3D accelerator. Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, sehingga banyak digunakan pada VGA Card misalnya Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro dan lain-lain.VGA Card

- RAMBUS

VGA Card RAMBUS ini biasanya digunakan pada mesin-mesin video game seperti Nitendo atau Sega. Jadi, kartu grafis ini hanya di produksi terbatas oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

4 dari 4 halaman

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card yang paling utama adalah untuk membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh suatu komputer menjadi suatu tampilan layar grafik pada monitor.

Karena itu, pada beberapa jenis komputer yang tidak memiliki VGA Card, ataupun memiliki VGA Card dengan kualitas seadanya, maka tampilan layar menjadi kurang baik dan tidak menarik.

Dengan memiliki VGA card dengan kapasitas yang tinggi, hal itu akan membuat fungsi VGA card akan lebih baik juga, seperti:

- Grafik dalam bermain game menjadi jauh lebih bagus tanpa masalah

- Tampilan layar menjadi lebih jernih dan tajam

- Membantu membuat desain grafis dan juga desain 3D

- Dapat menyambungkan laptop atau PC ke layar TV dengan menggunakan kabel HDMI dan menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik

- Cocok bagi pengguna yang senang menonton film dengan detail yang sempurna

Bagi para gamers yang menginginkan pengalaman bermain yang sempurna tanpa gangguan, diwajibkan memiliki VGA card dengan spesifikasi tinggi. Bila belum mampu untuk mendapatkannya, setidaknya kita tahu apa saja fungsi VGA card tersebut dan detail-detail lainnya tentang VGA card.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS