Sukses

Samsung Galaxy S10+ Vs Huawei Mate 20 Pro, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, Samsung telah resmi mengenalkan smartphone terbaru, yaitu Galaxy S10e, S10 dan S10+. Dari produk tersebut dinilai memiliki sejumlah pembaharuan yang dilakukan Samsung terutama di sisi kameranya.

Perlu diketahui, Samsung S10+ memiliki sensor sidik jari dalam layar ultrasonik, kapasitas penyimpanan hingga satu terabyte, serta layar quad HD + AMOLED yang melengkung dan baru.

Di sisi lain, produsen asal China, Huawei juga mengeluarkan produk yang tak kalah caanggih dengan Samsung S10+, yaitu Huawei Mate 20 Pro.  Bahkan beberapa inovasi teknologi yang sama dengan Samsung S10+ telah dimiliki oleh Huawei Mate 20 Pro sejak Oktober lalu.

Bagi kamu yang masih binggung memilih ponsel yang mana? Berikut beberapa perbandingan dari kedua ponsel tersebut.

Kamera

Untuk Samsung S10+ memiliki kamera dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada Telephoto  Camera 12 MP, Wide-Angle Camera 12 MP, dan Ultra Wide Camera 16 MP yang mampu menangkap hingga 123 derajat. Dengan lensa belakang berfitur ultra wide ini, apapun yang dilihat melalui mata sama dengan hasil foto yang ditampilkan di Samsung S10 dan Samsung S10+.

Beda hal dengan Huawei Mate 20 Pro. Smartphone itu memiliki kamera belakang dengan resolusi 40 MP + 20 MP + 8 MP superior. Resolusi ini lebih tinggi dibandingkan resolusi kamera belakang Galaxy S10+ yang sebesar 12 MP + 16 MP + 12 MP.

Hasil komparasi foto Samsung S10+ dengan Huawei Mate 20 Pro:

- Foto ultra wide:

(Hasil foto ultra wide menggunakan kamera belakang, Samsung S10+ (atas) dan Huawei Mate 20 Pro (bawah))

Hasil foto ultra wide menggunakan kamera belakang S10+ dan Huawei Mate 20 Pro terlihat perbedaannya. Lensa ultra wide Samsung Wide 10+ bisa menghasilkan foto yang sedikit lebih lebar. Walaupun begtiu, hasil foto Huawei Mate 20 Pro terlihat sedikit lebih terang dan jernih.

-Foto low light:

Dari hasil foto low light menggunakan kamera belakang, S10+ dan Huawei Mate Pro terlihat jelas bahwa hasil kamera belakang Huawei Mate 20 Pro tampak lebih terang meski dalam keadaan kurang cahaya. Guna menghasilkan foto ini, cukup pilih fitur Malam dalam menu kamera.

- Foto selfie

Dari hasil selfie di atas bisa dilihat warna cerah pada foto terlihat dari kedua hasil tersebut. Untuk hasil selfie dari S10+ warna wajah lebih berwarna cokelat pada kulit lalu pada hasil Huawei Mate Pro wajah lebih cerah dan putih. 

-Foto bokeh:

Dari hasil foto bokeh menggunakan kamera belakang S10+ dan Huawei Mate 20 Pro, terlihat bahwa hasil foto bokeh Huawei lebih ketara dibandingkan S10+. Tingkat blur kamera Huawei Mat 20 Pro terlihat lebih signifikan.

-Foto kamera belakang:

Dari hasil foto kamera belakang, S10+ dan Huawei Mate 20 Pro terlihat tampak hampir sama. Namun, untuk Huawei Mate Pro terlihat sedikit lebih terang dan jernih. Warnanya juga terlihat lebih natural.

Dan setelah diluncurkan selama hampir satu tahun, Huawei P20 Pro masih menduduki tangga teratas penilaian DxO Mark bersama dengan Huawei Mate 20 Pro yang diluncurkan oktober lalu dan S10+ yang baru saja diluncurkan.

Pengisian daya

Bicara daya tahan baterai, Samsung S10+ memiliki daya sebesar 4.100 mah. Sebaliknya, untuk Huawei Mate 20 Pro yang memiliki kapasitas penyimpanan daya sebesar 4.200 mAh.

Samsung juga memperkenalkan Wireless PowerShare pada Galaxy S10 dan S10+. Namun, sebenarnya Huawei Mate 20 Pro telah lebih dulu memperkenalkan teknologi pengisian nirkabel terbalik ke pasar.

Tak hanya itu, Huawei Mate 20 Pro juga memiliki kemampuan pengisian daya super cepat atau fast charging 40 W yang memungkinkan daya baterai dapat terisi 70 persen hanya dalam 30 menit.

Warna dan desain

Samsung Galaxy S10+ melengkapi kecanggihan dengan varian warna. Mulai dari warna Prism White, Prism Green dan Prism Black, Prism Blue, dan Canary Yellow.

Namun, Huawei Mate 20 Pro Emerald Green color adalah pilihan warna berani di dunia smartphone yang diisi dengan warna ‘aman'. Menjadikannya salah satu alasan produk ini merupakan cara terbaik memamerkan keindahannya.

Fitur dual sim dan maksimal main gim

Samsung S10+ telah mendukung model Dual SIM (Hybrid SIM slot). Ini adalah fitur yang didukung oleh sebagian besar ponsel Android. Saat kedua SIM aktif dan Anda sedang menggunakan salah satunya, penelepon yang masuk dari SIM lain akan menemukan kamu tidak dapat dijangkau.

Walaupun begitu, Mate 20 Pro telah menawarkan teknologi dual-VoLTE bersama dengan fitur dual-SIM. Fasilitas ini memungkinkan kamu untuk menerima panggilan dari satu SIM ketika sedang secara aktif menggunakan SIM yang lain. Artinya, kamu tidak perlu mengabaikan telepon pacar saat asyik bermain PUBG dengan teman-teman.

Perbandingan Spesifik

Nah, kamu jadi pilih yang mana?

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Jerman: Huawei Tak Bisa Dipercaya Garap Jaringan 5G
Artikel Selanjutnya
Huawei Punya OS Pengganti Jika Tak Lagi Diizinkan Pakai Android