Sukses

Menyisipkan Tanda Centang di Word dan Excel, Begini Caranya yang Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Tiap komputer pasti memiliki keyboard dalam setiap rangkaian perangkatnya. Maka tak heran jika peran keyboard tidak dapat dipisahkan dalam penggunaan komputer maupun laptop.

Keyboard atau papan ketik adalah salah satu perangkat komputer yang terdiri atas banyak tombol seperti huruf alfabet, angka, simbol, serta fungsi kontrol yang lain. Tombol-tombol tersebut berfungsi untuk mengoperasikan komputer bersamaan dengan mouse.

Fungsi keyboard atau papan ketik sangatlah penting sebagai perintah yang berupa teks dan kontrol lain yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard. Meski terdapat banyak tombol, sayangnya tidak semua simbol dimasukkan pada papan ketik.

Misalnya adalah tanda ceklis atau centang (P) yang tidak bisa ditemukan di papan ketik Anda. Padahal tanda ini digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk memberi penjelasan penting pada sebuah dokumen meski hanya dengan 1 tanda. Alhasil, tidak sedikit orang yang akhirnya memutuskan memilih menggunakan huruf ‘V’ untuk menggantikan tanda tersebut.

Untuk itu, berikut Liputan6.com jelaskan 3 cara menyisipkan tanda centang di Word dan Excel tanpa ribet, yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 9 halaman

Tanda Centang di Word Melalui Menu Insert

Cara pertama untuk menyisipkan tanda centang adalah melalui menu Insert. Pada bagian atas aplikasi Microsoft Word, terdapat deretan menu sebagai fitur yang digunakan untuk menghiasi tulisan Anda.

Nah, tanda ceklis atau centang dapat dibubuhkan melalui salah satu deretan menu tersebut, yaitu menu Insert. Selanjutnya, cari sub menu Symbol yang bergambar omega. Sub menu Symbol berada di paling ujung kanan menu. Klik sub menu tersebut lalu klik ‘More Symbols’.

Saking banyaknya simbol, Anda harus menyaring menjadi simbol-simbol khusus dengan cara mengubah kolom font menjadi Wingdings 2. Dengan cara itu, Anda bisa segera menemukan tanda yang Anda butuhkan. Namun jangan sampai tertukar dengan simbol akar.

Pasalnya, dalam Symbols, Anda bahkan bisa menemukan simbol-simbol lain yang mungkin dibutuhkan di lain kesempatan.

Untuk menghindari salah pilih tanda, Anda juga bisa lakukan cara berikut ini. Yaitu dengan mengisi kolom Character code dengan angka 80. Maka, Anda tidak perlu repot-repot mencari tanda yang Anda butuhkan. Klik dua kali pada tanda yang muncul untuk membubuhkan tanda tersebut pada tempat yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

3 dari 9 halaman

Tanda Centang di Word Menggunakan Font Wingdings 2

Selain melalui menu insert symbol, ada pula cara lain untuk menyisipkan tanda centang menggunakan font yang tersedia di komputer atau laptop Anda. Pertama, ketik huruf ‘P’ kapital di tempat yang ingin anda bubuhi tanda ceklis atau centang.

Lalu blok tiap huruf ‘P’ kapital. Kemudian, pilih menu Home dan klik kolom font untuk mencari font Wingdings 2. Maka, huruf ‘P’ tadi akan berubah menjadi tanda ceklis atau centang.

 

 

4 dari 9 halaman

Tanda Centang di Word Menggunakan Font Marlett

Tak hanya menggunakan font Wingdings 2, tanda centang juga bisa dibubuhkan dengan menggunakan font Marlett. Namun, huruf yang diketik berbeda dengan cara sebelumnya. Untuk yang satu ini, Anda harus mengetik huruf ‘a’ kecil pada tempat yang sesuai.

Lalu blok tiap huruf ‘a’ kecil. Kemudian, pilih menu Home dan klik kolom font. Kemudian gulir ke bawah untuk mencari font Marlett. Maka, huruf ‘a’ tadi akan berubah menjadi tanda ceklis atau centang. Anda juga bisa langsung ketik ‘Marlett’ pada kolom font tanpa harus gulir ke bawah.

5 dari 9 halaman

Tanda Centang di Excel

Setelah mengetahui cara menyisipkan tanda ceklis atau centang di Microsoft Word, selanjutnya adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Caranya hampir sama seperti langkah-langkah menggunakan Microsoft Word.

Melalui menu Insert lalu klik Symbols. Ketik ‘Wingdings 2’ pada kolom font. Lalu ketik kode karakter 80 pada kolom Character code. Klik dua kali pada tanda yang muncul.

Maka tanda centang yang Anda butuhkan otomatis telah dibubuhkan pada tempat yang diinginkan.

6 dari 9 halaman

Kombinasi Tombol Pada Keyboard

Ctrl + A: Tombol Select All ( Memilih Semua Kolom Ms Word )

Ctrl + B: Menebalkan Huruf dan Karakter Angka pada Ms Word

Ctrl + C: Menyalin atau MengCopy

Ctrl + D: Pilihan Font Pada Ms Word

Ctrl + E: Membuat Center Alignment (Rata Tengah Tulisan pada Ms Word)

Ctrl + F: Mencari Karakter (Find Karakter

Ctrl + G: Go To

Ctrl + H: Menggantikan (Repleace)

Ctrl + I: Membuat Tulisan Menjadi Miring (Italic)

Ctrl + J: Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri Kanan (Justify Aligment)

Ctrl + K: Membuat Hyperlink (Insert Hyperlink)

Ctrl + L: Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri (Left Aligment)

Ctrl + M: Increase Ident

Ctrl + N: Membuat Sebuah File Baru (New File)

Ctrl + O: Membuka File (Open File)

Ctrl + P: Printah Cepat untuk Melakukan Print

Ctrl + Q: Mengubah Pengaturan Style Menjadi Normal

Ctrl + R: Membuat Tulisan Menjadi Rata Kanan (Right Alignment)

Ctrl + S: Printah Untuk Menyimpan File (Save / Save As)

Ctrl + T: Hanging Ident

 

7 dari 9 halaman

Kombinasi Tombol Pada Keyboard

Ctrl + U: Membuat Tulisan Menjadi Garis Bawah (Underline)

Ctrl + V: Mempaste Tulisan Yang Sudah Di Copy Dengan (Ctrl + C)

Ctrl + W : Menutup Menu Word (Close Ms.Word)

Ctrl + X: Memotong Tulisan Yang sudah Di Block

Ctrl + Y: Mengembalikan Sesudahnya (Redo)

Ctrl + Z: mengembalikan Sebelumnya (Undo)

Ctrl + 1: Membuat Sebuah Spasi Single (Single Spacing)

Ctrl + 2: Membuat Sebuah Spasi Double (Double Spacing)

Ctrl + 5: Membuat Spasi 1.5 Lines

 

8 dari 9 halaman

F1-F12

F1: Membuka Sebuah Fungsi Bantuan pada Komputer anda

F2: Mengubah Nambah File atau Berkas (Rename)

F3: Perintah Auto Text (Find Text)

F4: Pengulangan Perintah Sebelumnya

F5: Perintah Temukan (Find) Ganti (Replace) atau Go To

F6: Membuka Pengaturan Other Pane

F7: Membuat Perintah Spelling (Pengecekan Penulisan)

F8: Membuka Perintah Awal Untuk memilih (Coret Text atau Objek)

F9: Memperbaruhi Field (Mail Marge)

F10: Membuat Sebuah Menu menjadi Aktif

F11: Membuat Sebuah Masukan Field berikutnya (mail Marge)

F12: Membuka Dialog Save As (Simpan Sebagai)

9 dari 9 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.