Sukses

Cara Cek Resi JNE, Cepat Banget dan Kurang dari Semenit

Banyak orang yang mencari tahu cara cek resi JNE karena memang jasa kurir ini banyak dipercaya masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Adanya inovasi toko online berbasis aplikasi seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain-lain, terbukti sangat efektif karena di Indonesia pembelian barang-barang melalui e-Commerce terus naik.

Dilansir dari Liputan6.com melalui siaran pers, Selasa (27/2/2018), menurut data Google & Temasek pada 2017, pembelian produk via e-Commerce di Indonesia mencapai US$ 10,9 miliar atau sekitar Rp 146,7 triliun, meroket 41 persen dari angka US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 74 triliun pada 2015.

Tentu bagi kamu yang hobi belanja online, pasti tidak asing dengan perusahaan JNE. JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE).

Keberadaan jasa kurir cepat ini juga banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Di mana mereka menjadi lebih mudah mengirim barang ke berbagai daerah bahkan luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Banyak yang Pakai JNE

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang memakai jasa ini adalah karena JNE telah tersebar ke seluruh penjuru di Indonesia. Dengan begitu, pengiriman ke berbagai daerah menjadi lebih mudah dan cepat. Di lain sisi, JNE juga menyediakan layanan cek resi JNE dengan sangat mudah.

Melalui kemudahan inilah kamu dapat mengetahui kapan sekiranya barang yang dikirim akan sampai ke tempat tujuan. Tentunya, banyak orang yang mencari tahu cara cek resi JNE karena memang jasa kurir ini banyak dipercaya masyarakat untuk mengirim berbagai barang atau dokumen ke berbagai daerah.

Namun ternyata banyak orang yang belum mengetahui cara cek resi JNE. Padahal cara cek resi JNE sangat mudah dilakukan. Kamu bisa melakukan cara cek resi JNE dalam waktu kurang dari menit. Cepat sekali bukan? Penasaran, bagaimana cara cek resi JNE?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/2/2019) cara cek resi JNE yang bisa kamu coba.

Cek resi JNE bisa dilakukan secara online melalui website www.resi.co.id atau melalui aplikasi khusus JNE yang bernama MyJNE. Caranya cukup mudah, karena kamu hanya perlu memasukkan nomor resi pada website atau aplikasi yang terpasang lalu klik search atau cari.

Secara otomatis maka posisi barang kiriman kamu akan terlihat. Selain mengetahui cara cek resi JNE, kamu juga harus memahami status yang ditunjukkan saat melakukan cek nomor resi JNE. 

3 dari 4 halaman

Status Terkait Pengiriman Barang

1. On Transit

Jika status yang muncul ialah On Transit, artinya barang yang terkirim sedang berada di kota lain (transit) sehingga akan dimasukkan ke dalam jadwal pengiriman ke kota tujuan.

2. Manifested

Jika status yang muncul Manifested, artinya paket sudah diterima oleh pihak JNE. Sehingga siap dan menunggu hingga proses pengiriman.

3. On Process

Jika status yang muncul On Process, artinya paket sedang proses pengiriman. Biasanya ditahap ini agak lama untuk menunggu informasi terbarunya, karena proses pengiriman memang membutuhkan sedikit waktu. Harap bersabar ya!

4. Received on Destination

Jika status yang muncul Received on Destination, artinya adalah paket sudah berada di kantor JNE berdasarkan kota tujuan. Hanya saja belum dikirimkan menuju alamat tujuan sehingga Anda harus sedikit menunggu.

5. Delivered

Jika sudah berstatus delivered, maka artinya paket telah berada di alamat tujuan.

4 dari 4 halaman

Tata Cara Klaim

Pihak JNE juga menyediakan Klaim untuk kamu pelanggan setia JNE. Klaim hanya dapat diajukan oleh pihak Pengirim. Pengajuan klaim mengikuti seluruh ketentuan yang diatur oleh JNE termasuk tetapi tidak terbatas pada dokumen-dokumen yang disyaratkan dalam pengajuan Klaim.

Batas waktu maksimum pengajuan Klaim selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak Kiriman seharusnya diterima. Pengajuan klaim tidak akan diproses bila melebihi dari 14 (empat belas) hari kalender sejak kiriman seharusnya diterima.

Nah, sekian ulasan terkait dengan cara cek resi JNE dan status pengiriman yang harus kamu tahu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kamu yang membutuhkan ya. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini