Sukses

Cara Screenshot di Laptop Asus, Mudah Tanpa Ribet

Ada 3 cara yang bisa kamu praktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu pengguna laptop ASUS terkadang kamu perlu melakukan screenshot sebuah tampilan pada layar laptopmu. Namun sebagian orang masih bingung dan tidak mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot pada laptop dengan mudah. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Merk laptop yang bisa dibilang laptop sejuta umat adalah Asus. Selain harganya yang terjangkau, laptop ini juga banyak jenisnya. Nggak heran, banyak kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja yang menggunakan laptop merk ini.

Sayangnya, belum semua orang tahu cara bagaimana screenshot tampilan di laptop Asus.

Nah, Rabu (23/1/2019), Liputan6.com berhasil menghimpun dari berbagai sumber bagaimana cara screenshot di laptop Asus agar kamu tak perlu repot lagi ketika harus mengambil screenshot pada layar laptopmu.

Langkah-langkah ini mudah. Kamu tak perlu menggunakan software yang harus kamu install terlebih dahulu. Simak langkah langkah berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tombol Print Screen+win

Cara screenshot di laptop Asus yang pertama adalah menggunakan kombinasi tombol keyboard print screen dan win. Tombol win merupakan tombol dengan simbol jendela yang biasanya terdapat pada bagian kiri bawah keyboard.

Cara screenshot di laptop Asus ini merupakan cara yang paling mudah karena tidak memerlukan software atau aplikasi sama sekali. Cukup gunakan tombol print screen pada keyboard

Berikut cara screenshot di laptop Asus menggunakan tombol print screen dan win:

1. Tentukan area yang akan kamu screen shoot pada layar laptop ASUS

2. Tekan tombol print screen atau prt scr pada keyboard laptopmu bersamaan dengan tombol win

3. Screenshotmu otomatis telah tersimpan pada folder C:\Users\Pictures\Screenshots

Sangat mudah, bukan?

3 dari 4 halaman

Tombol Print Screen dan Pain

Cara screenshot di laptop Asus yang kedua adalah menggunakan tombol print screen atau prt scr yang ada pada keyboard laptop asus dan aplikasi paint. Cara ini juga sangat mudah.

Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi atau software tambahan lain untuk meng-screenshot layar laptopmu. Cukup bermodal tombol print screen dan aplikasi bawan windows yang bernama Paint.

Berikut cara screenshot di laptop Asus menggunakan tombol print screen pada keyboard laptop asus kamu.

1. Tentukan area yang akan kamu screenshot pada layar laptop Asusmu

2. Tekan tombol print screen atau prt scr pada keyboard laptopmu. Screenshotmu otomatis telah tersimpan

3. Kemudian buka aplikasi paint yang ada pada laptopmu

4. Setelah paint terbuka, pilih pilihan paste pada home atau tekan ctrl+v pada keyboard

5. Hasil screenshot akan ditampilkan pada lembar kerja paintmu

6. Kamu dapat menympannya dengan format jpg, png, maupun bmp.

Namun baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah menutup usia Microsoft Paint atau dengan kata lain meniadakan software paint pada sistem windows.

Bagi laptop ASUS yang tidak kebagian software paint ini kamu dapat me-paste hasil screenshotmu pada software lainnya seperti microsoft word atau power point.

Jika kamu memiliki software pengedit gambar lainnya seperti Photoshop atau CorelDraw kamu juga dapat menggunakan software tersebut. Gampang kan?

4 dari 4 halaman

Menggunakan Snipping Tool

Cara screenshot di laptop Asus yang terakhir adalah menggunakan software bawaan windows yaitu Snipping Tool. Snipping tool merupakan software sederhana bawaan Windows yang biasanya sudah tersedia di laptop ASUSmu.

Pilihan model screenshot pada snipping tool juga beragam. Tak seperti pada penggunaan tombol print screen yang hanya dapat melakukan screenshot dengan mode full screen.

Snipping tool memberi pilihan kamu untuk mengambil screenshot pada bagian tertentu yang kamu inginkan.Kamu cukup mengetik snipping tool pada kolom exploremu maka snipping tool sudah dapat kamu temukan.

Berikut langkah-langkah menggunakannya:

1. Buka software snipping tool

2. Pada tampilan snipping tool terdapat 4 mode screenshot yang dapat kamu pilih. Mode tersebut antara lain adalah:

Free-form snip, yang memungkinkan kamu melakukan screenshot sesuai bentuk yang kamu mau. Kamu bisa mengarahkan kursormu sesuai bentuk yang kamu inginkan maka hasil screenshot akan mengikuti bentuk yang kamu arahkan.

Rectangular Snip, memungkinkan kamu melakukan screenshot dengan bentuk 4 sisi sesuai keinginanmu. Kamu bisa mengambil screenshot dengan bentuk persegi atau persegi panjang dengan ukuran sesukamu.

Window & Full Screen Snip, kedua pilihan ini memiliki fungsi yang sama yaitu melakukan screenshot untuk satu layar penuh. Seperti pada cara screenshot menggunakan print screen sebelumnya

3. Pilih lokasi atau area yang akan kamu screenshot

4. Pilih mode screenshot yang kamu inginkan

5. Lakukan screenshot sesuai mode yang kamu pilih

6. Hasil screenshot akan langsung ditampilkan pada jendela snipping tool

7. Simpan hasil screenshot dengan format gambar yang kamu inginkan

Demikian cara screenshot di laptop Asus dengan mudah tanpa ribet menggunakan aplikasi yang harus kamu download. Cukup menggunakan aplikasi bawaan yang ada pada laptop Asus kamu. Kamu dapat langsung mencobanya di lamtop Asusmu.

Pada dasarnya cara screenshot dengan mudah ini dapat dilakukan melalui perangkat apapun yang memiliki sistem operasi windows. Karena tools dan software yang ada merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh windows.

 

Reporter: Anugerah Ayu Sendari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.