Sukses

Fungsi Modem WiFi dan Keunggulannya Buat Kamu yang Hobi Berselancar Internet

Di zaman yang serba modern ini, rasanya bepergian tanpa koneksi internet akan membuat hari-harimu menjadi suram.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman yang serba modern ini, rasanya bepergian tanpa koneksi internet akan membuat hari-harimu menjadi suram. Ya, hal itu karena nggak bisa akses informasi terkini yang datang dari berbagai belahan dunia. Kehadiran internet dalam mempermudah komunikasi serta memberi hiburan memang tak bisa dipungkiri lagi. Oleh karena itu, hidup tanpa internet sehari rasanya akan seperti tinggal di gua.

Untuk itu, untuk menyokong kebutuhan manusia dalam penggunaan internet, para ahli teknologi mengembangkan alat yang memungkinkan penggunanya untuk selalu terhubung dengan sambungan internet. Saat ini, telah tercipta teknologi yang menyediakan sambungan internet yaitu modem WiFi. Dengan alat ini, kamu bisa selalu terhubung dengan internet asalkan terdapat provider operator seluler yang menunjang jalannya kegiatan berselancarmu.

Sebenarnya, fungsi modem WiFi beragam sesuai kebutuhan penggunanya. Namun, sebelum mengetahui fungsinya lebih lanjut, kamu perlu memahami pengertian modem WiFi agar tidak salah kaprah saat menggunakan perangkat modern ini.

Seperti yang diketahui, WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang memiliki arti sebagai jaringan nirkabel yang dapat memancarkan sambungan internet. Sementara itu, modem merupakan sebuah perangkat keras singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengubah 2 sinyal berbeda yaitu dari sinyal digital menjadi sinyal analog.

Kemudian, kedua istilah tersebut jika digabung akan memiliki pengertian yaitu sebuah perangkat keras yang memancarkan sambungan internet tanpa menggunakan kabel. Karena fiturnya yang portable, modem WiFi dapat kamu bawa kemanapun tanpa memenuhi kantong ataupun ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Modem WiFi

Setelah mengetahui pengertiannya, terdapat beberapa fungsi modem Wi-Fi yang dapat menjelaskan kehadiran inovasi baru dari dunia teknologi ini. Salah satu fungsi modem WiFi yaitu sebagai media perantara jaringan internet dengan berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, tablet, maupun komputer tanpa batasan jumlah perangkat yang tersambung.

Fungsi modem WiFi selanjutnya adalah untuk memeriksa status paket data dari provider operator seluler yang kamu gunakan untuk berselancar internet. Status paket data yang bisa kamu periksa melalui modem WiFi adalah sisa kuota internet yang kamu gunakan.

Selain itu, modem Wi-Fi juga memiliki peran seperti ponsel yaitu dapat mengirim dan menerima pesan (SMS) dengan cara menghubungkan modem terlebih dahulu dengan laptop atau komputer.

Selanjutnya, fungsi modem Wi-Fi yang harus kamu tahu yaitu kamu bisa mengubah nama koneksi WiFi sesuai keinginanmu sehingga ketika pengaturan WiFi pada smartphone diaktifkan, akan muncul nama WiFi yang kamu buat beserta kata sandi yang sudah kamu atur melalui modem.

3 dari 3 halaman

Keunggulan Modem WiFi

Nah, modem WiFi juga memiliki banyak keunggulan yang dijamin bisa mempermudah aktivitasmu dalam berselancar, lho. Lebih jauh, berikut Liputan6.com sajikan beberapa keunggulan yang disuguhkan modem WiFi yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

1. Bentuknya simpel

Bentuk modem WiFi yang mungil tidak akan membuat repot penggunanya saat sedang dibutuhkan. Hal ini karena ukuran modem wifi yang secara umum lebih kecil dari ukuran mouse sehingga tidak akan memenuhi kantong atau menghabiskan ruangan kerjamu.

2. Kemampuan menerima dan mengirimkan sinyal

Selain ukurannya yang mungil, modem WiFi juga dapat mencakup sinyal secara luas. Yang dimaksud di sini adalah dibanding ponsel yang hanya dapat menerima sinyal terbatas spesifikasi merek, modem WiFi dapat menerima sinyal dari provider operator seluler secara maksimal. Alhasil, gawai seperti smartphone dan laptop yang terhubung dengan modem WiFi akan menerima cakupan sinyal secara mudah dan banyak.

Tak hanya itu, sinyal yang dikirimkan modem WiFi juga cukup luas meskipun tetap bergantung pada spesifikasi yang ditawarkan tiap merek. Jarak jangkau maksimal yang ditawarkan sebagian besar merek modem WiFi adalah sepanjang 30 meter.

3. Tidak membutuhkan listrik

Modem WiFi yang memiliki fitur portable tidak akan membutuhkan listrik karena tertanam baterai yang memungkinkan modem untuk tetap aktif tanpa tersambung dengan listrik. Dengan demikian, kamu tidak membutuhkan stop kontak untuk menyalakan modem WiFi portable-mu. Kamu hanya perlu mengisi daya modem WiFi seperti kamu mengisi baterai smartphone.

Namun, hal ini tidak bisa diterapkan pada modem WiFi non portable. Hal ini karena tidak hadirnya baterai dalam modem WiFi non portable yang kemudian mengharuskan kamu untuk membawa kepala charger agar modem WiFi bisa aktif. Kamu juga bisa menggunakan powerbank untuk menghidupkan modem WiFi non portable, lho.

4. Menghemat Baterai Smartphone

Ketika smartphone milikmu terhubung dengan sinyal dari modem WiFi, akan dipastikan baterai smartphonemu menjadi lebih awet dibanding berselancar menggunakan paket data di smartphone. Hal ini karena smartphone milikmu tidak perlu mengeluarkan energi berlebih karena harus mencari sinyal internet.

Terlebih lagi jika kamu terbiasa menggunakan smartphonemu untuk tethering, baterai akan sangat cepat terkuras karena harus memancarkan jaringan internet ke perangkat lain. Oleh karena itu, memilih modem WiFi adalah keputusan yang tepat untuk menghemat baterai smartphone sekaligus mengurasi resiko rusaknya gawaimu karena dipaksa mengeluarkan energi terlalu besar.

 

 

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.