Sukses

Fungsi Komputer Secara Umum Serta Manfaatnya, Anak IT Wajib Tahu Nih

Liputan6.com, Jakarta Di era serba teknologi seperti saat ini, keberadaan komputer sangat penting. Komputer yang dianggap sebagai alat multifungsi ini sudah sangat banyak dikenal oleh banyak orang. Baik dari kalangan anak kecil, remaja bahkan dikalangan dewasa sekalipun.

Dengan multifungsi yang dimiliki oleh komputer, keberadaan komputer sering kita jumpai di supermarket, kantor, bank, sekolah dan sebagainya. Bahkan kini di rumahmu telah memiliki komputer dengan berbagai jenis dan bentuk seperti laptop atau netbook.

Namun, apakah kamu tahu sebenarnya apa fungsi komputer itu? Sebelum menjelaskan fungsi komputer, ada baiknya kamu pahami dulu tentang pengertian komputer itu sendiri. Dalam artikel ini akan membahas tentang fungsi komputer secara umum dan hal-hal yang berkaitan lainnya. Berikut penjelasan fungsi komputer dan pengertiannya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

2 dari 4 halaman

Pengertian Komputer

Secara umum, komputer merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung. Sedangkan dalam bahasa Inggris bisa disebut to compute yang pada awalnya komputer ditujukan kepada orang untuk melakukan perhitungan, tetapi setelah itu komputer mengacu ke alat hitung mekanis.

Komputer didefinikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling terhubung dan bekerja sama serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang memiliki kemampuan dapat menerima data (input) lalu akan data akan diolah (proses) dan akan menghasilkan informasi berupa data keluaran (output). Berikut pengertian komputer menurut para ahli:

1. Robert H. Blissmer (1985)

Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. Donald H. Sanderes (1985)

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di dalam penyimpannya (stored program).

3. V.C. Hamacher et al (1982)

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

3 dari 4 halaman

Fungsi Komputer Secara Umum

1. Data Input (Data Entry)

Fungsi komputer yang pertama adalah input. Fungsi ini yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Data yang diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse dari komputer lain atau peralatan lainnya.

2. Data Processing (Pengolahan Data)

Fungsi komputer yang paling utama adalah melakukan pemrosesan. Berbagai macam data dan informasi adalah data yang diproses oleh komputer. Data yang diproses akan menghasilkan output yaitu berupa informasi. Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

Pengolahan data dan informasi adalah fungsi langsung dari komputer. Otak dari komputer di mana data diproses disebut unit pemroses sentral (CPU). Itu adalah sebuah chip yang biasanya berukuran setengah inci dan dimasukkan ke soket motherboard komputer.

3. Data Storage

Fungsi data storage adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Fungsi komputer ini memudahkan pengguna untuk menemukan data dan akan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

Drive hard disk (HDD) atau Drive Solid State Disk (SSD) penyimpanan internal perangkat dan melayani untuk melindungi dan rumah semua data dan informasi dalam sebuah komputer. Di mana data dan informasi yang sangat penting sistem yang lebih besar, sistem RAID digunakan. Multiple disk drive beroperasi secara bersamaan untuk memastikan data mutlak dan integritas informasi.

4. Data Output

Data yang telah diproses dalam komputer, hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya dengan berbagai tujuan. Contoh dari data output yaitu sebagai file audio, hard copy ke kertas, dicetak sebagai 3D model dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Manfaat Komputer

Dalam kehidupan sehari-hari, fungsi komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana kerja atau bisnis, sarana komunikasi, sarana hiburan, sarana pendidikan, sarana informasi, sarana usaha dan sarana control.

Dari fungsi komputer di atas dapat diketahui bahwa komputer memiliki manfaat yang penting untuk membantu kamu dalam bekerja. Manfaat-manfaat tersebut dapat disimpulkan, antaranya:

1. Memudahkan Pekerjaan

Dalam pekerjaan kamu yang tentunya perlu menggunakan komputer, akan sangat terbantu sekali dengan adanya komputer ini. Sehingga pekerjaan lebih cepat selesai. Misalnya, untuk membuat dokumen atau untuk menghitung gaji dan sebagainya.

2. Pengendali/controlling

Pada instansi besar seperti perhotelan, pabrik dan perusahaan lainnya, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan satu atau beberapa sistem seperti pengendali lampu lalu lintas, operasi elevator dan escalator, pengatur kamera CCTV, pengendalian jaringan, control mekanisme pabrik dan lain-lain.

3. Alat hiburan

Dengan komputer kamu dapat menghibur diri dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer. Misalnya, memutar lagu dan menonton film atau bermain game.

4. Sarana Komunikasi

Dengan komputer kamu dapat berbicara atau chating dengan teman atau saudara kamu menggunakan Webcam atau dapat mengirim email kepada mereka.

 

 

Reporter: Loudia Mahartika

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online