Sukses

Gara-Gara Kerjaan Tak Beres, Hotel di Jepang Pecat Ratusan Robot

Masalah muncul saat sejumlah robot tidak dapat mengaplikasikan sejumlah ide kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Hotel di Jepang, Henn-na, atau Strange, baru saja 'memecat' 243 robot yang menangani berbagai pekerjaan harian mereka.

Dilansir Futurism, Sabtu (19/1/2019), masalah muncul saat sejumlah robot tidak dapat mengaplikasikan sejumlah ide kreatif.

Beberapa di antara yang bermasalah yaitu robot dinosaurus velociraptor yang mengelola meja tamu.

Selain robot velociraptor, robot lain yang dianggap bermasalah yaitu robot Churi. Robot ini ditempatkan sebagai asisten pribadi di setiap kamar pengunjung.

Menurut Wall Street Journal, robot-robot itu juga semakin menjengkelkan. Sebab, beberapa diantara robot tak mampu menangani masalah sederhana.

Robot velociraptor misalnya, tidak dapat mengerjakan fotokopi paspor pengunjung asing. Karyawan hotel harus datang untuk memfotokopi paspor tersebut.

Sementara Churi, yang dapat mengubah suhu kamar dan menjawab obrolan dasar sederhana, tidak dapat menjawab saat ditanyai area atau atraksi hiburan.

Padahal, manajemen Hotel Henn-na dengan percaya diri tidak melengkapi tiap kamar hotel dengan telepon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membangunkan Tamu yang Mendengkur

Sebagai solusi masalah ini, manajemen juga menempatkan seseorang di meja tamu untuk menjawab kebutuhan tamu hotel.

Yang menyebalkan, Churi juga kerap membangunkan tamu hotel yang mendengkur. Churi menganggap, dengkuran itu sebagai obrolan yang perlu untuk dijawab.

3 dari 3 halaman

Cuma Menjadi Pajangan

Robot-robot yang berada di Hotel Henn-na ini akhirnya hanya menjadi pajangan. Robot piano misalnya, hanya duduk di kursi tanpa memainkan tuts piano.

Rencananya, Manajemen Henn-na masih akan mengadaptasi kemampuan robot di hotelnya. Tetapi, mereka lebih mengarahkan pada sistem yang lebih bermanfaat, semisal kunci pintu pengenal wajah.

Nah, kabar ini harusnya tak membuat manusia terlalu khawatir dengan invasi pekerjaan karena munculnya robot pekerja, bukan?

Reporter: Dream Indonesia

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.