Sukses

Jeff Bezos Mampu Kantongi Rp 66 Miliar Setiap Jam

Jeff Bezos mampu menghasilkan US$ 4,4 juta atau setara dengan lebih dari Rp 66 miliar setiap jamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Jeff Bezos kembali mencuri perhatian. Pendiri dan CEO Amazon tersebut, baru saja mengumumkan rencana perceraiannya dengan sang istri, MacKenzie. 

Sontak, sejumlah pemegang saham perusahaan dikabarkan khawatir perceraian ini dapat memengaruhi kendali Jeff Bezos terhadap perusahaan.

Perlu diketahui, Jeff Bezos merupakan orang terkaya di dunia untuk saat ini. Business Insider sebelumnya juga sempat laporan deretan orang terkaya di dunia bisa menghasilkan uang dalam setiap jam, termasuk Jeff Bezos di daftar teratas miliarder dari kategori pengusaha dan pimpinan teknologi.

Dalam daftar tersebut, orang nomor satu di Amazon itu tercatat mampu menghasilkan US$ 4,4 juta atau setara dengan lebih dari Rp 66 miliar setiap jamnya.

Daftar penghasilan orang terkaya di dunia setiap jamnya

Berdasarkan perhitungan waktu nyata dari Forbes, kekayaan orang yang juga memimpin perusahaan Blue Origins tersebut mencapai US$ 153,6 miliar (setara dengan Rp 2.284 triliun). 

Setelah Bezos, menyusul pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg. Jumlah kekayaan yang dihasilkan Zuck—sapaan karibnya—bisa mencapai US$ 1,7 juta atau setara dengan lebih dari Rp 25 miliar. 

Saat ini, kekayaan suami Priscilla Chan tersebut berjumlah US$ 65,4 miliar (Rp 956 triliun), dan menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Di posisi ketiga, bertengger salah satu wanita miliarder terkaya di dunia, yakni bos Walmart Alice Walton. Dalam satu jam, Walton mampu meraup US$ 1,39 juta (Rp 20,3 miliar).

Menurut daftar orang terkaya Forbes 2018, Walton ditafsir memiliki harta US$ 44,5 miliar atau setara dengan Rp 650 triliun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerai, Kepemilikan Saham Jeff Bezos di Amazon Terancam Berkurang

Sejumlah ahli pun mengeluarkan opininya tentang seorang pendiri perusahaan berpengaruh seperti Jeff Bezos , menceraikan istrinya yang telah bersama sejak perusahaan berdiri.

Satu-satunya yang muncul dalam pikiran para ahli yang diwawancarai CNBC adalah Rupert Murdoch. Sang taipan bercerai dengan istri keduanya, Anna, pada 1999. Padahal, keduanya telah bersama selama lebih dari 30 tahun ketika membangun kerajaan media. Murdoch dan Anna dilaporkan memiliki perjanjian pranikah.

Jordan Neyland, asisten profesor hukum di Universitas George Mason yang telah menulis tentang perceraian CEO mengatakan, mungkin sulit bagi Jeff Bezos dan MacKenzie untuk membagi kekayaan mereka tanpa memikirkan nilai saham Amazon.

"Perceraian yang melibatkan CEO, umumnya mereka telah meniti karier sebagai profesional dan membangun kekayaan lain sebelum menjadi CEO. Itulah yang membuat (Jeff Bezos) sedikit berbeda, di mana ia menjadi seorang pendiri yang bercerai saat masih aktif menjalankan sebuah perusahaan," ujar Neyland.

Biasanya, CEO dapat menghindari pembagian saham mereka dengan menyerahkan aset lain kepada pasangan mereka, seperti real estate dan properti lainnya.

Dalam kasus Jeff Bezos, Neyland mengatakan, “Semua kekayaan akan terikat di Amazon. Saya membayangkan pasangannya (MacKenzie) akan mendapatkan sejumlah saham di Amazon. Jadi, ini akan mengubah kepemilikan di Amazon. ”

Kondisi tersebut, Neyland menambahkan, mungkin mengharuskan Amazon perlu menemukan struktur baru untuk memastikan bahwa Jeff Bezos masih memiliki kekuatan voting yang cukup dengan sahamnya.

"Ini akan melibatkan beberapa pengacara, namun saya tidak tahu apakah ada semacam preseden untuk ini atau tidak," katanya.

Sementara, pengacara perceraian yang berbasis di Seattle, David Starks, berspekulasi bahwa Jeff Bezos dan MacKenzie, kemungkinan besar telah mencapai kesepakatan mengenai hal itu, jauh sebelum membuat pengumuman perceraian ke publik.

 

3 dari 3 halaman

Perceraian Jeff Bezos Jadi yang Termahal di Dunia?

Perceraian Jeff Bezos dengan sang istri, MacKenzie, akan menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Hal tersebut dikaitkan dengan value Amazon yang makin moncer dan jumlah kekayaan Jeff Bezos yang mencapai US$ 137 miliar atau sekitar Rp 1.922 triliun.

Negara bagian Washington, tempat keluarga Jeef Bezos tinggal, mengatur kekayaan apa pun yang dihasilkan selama pernikahan dapat dibagi secara adil antara keduanya.

Amazon sendiri dibentuk setahun setelah Bezos menikah. MacKenzie dapat berargumentasi bahwa ia berhak atas setengah dari seluruh kekayaan Jeff Bezos yang berbasis di Amazon.

Itu berarti dia bisa mendapatkan sekitar US$ 66 miliar atau sekitar Rp 926 triliun, berdasarkan nilai perusahaan saat ini.

Untuk mendanai harta gana-gini tersebut, Bezos diperkirakan akan menjual atau menjaminkan saham. Hal ini tentu dapat melemahkan kepemilikan dan kendalinya terhadap perusahaan.

Diwartakan CNBC, Kamis (10/1/2019), Jeff Bezos memiliki kurang dari 80 juta saham Amazon, atau di bawah 16 persen dari nilai perusahaan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.