Sukses

Telkomsel Siapkan Bandwith hingga 4,2Tbps saat Natal dan Tahun Baru

Telkomsel membangun 776 BTS multi-band LTE baru dengan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps (terabit per second) di seluruh Indonesia. Dengan demikian, layanan data Telkomsel bisa tetap terjaga.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun selalu menjadi waktu di mana trafik internet mengalami lonjakan ketimbang hari-hari biasanya. Untuk itu, pada periode Natal dan Tahun Baru 2019, Telkomsel menyiapkan jaringan menghadapi momen tersebut.

Dalam keterangan tertulis Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (18/12/2018), Telkomsel menyiapkan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS.

Combat nantinya dipasang di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Telkomsel juga membangun 776 BTS multi-band LTE baru dengan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps (terabit per second) di seluruh Indonesia. Dengan demikian, layanan data Telkomsel bisa tetap terjaga.

Operator yang identik dengan warna merah ini melakukan optimalisasi jaringan di 628 titik keramaian publik saat periode Natal dan Tahun Baru.

Titik-titik keramaian itu antara lain adalah alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, hingga pusat perbelanjaan.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menyebut, Telkomsel telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima, bahkan saat kondisi trafik padat.

"Kami secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan," kata Bob.

Telkomsel juga menjamin, penggunaan layanan data untuk mengunggah video pun tetap lancar seperti biasanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trafik Meningkat Hingga 20 Persen

Telkomsel memprediksi, pada puncak periode Natal dan Tahun Baru, trafik layanan data atau payload akan meningkat 20 persen.

Kenaikan trafik layanan data ini diprediksi, akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31 persen.

Selain itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain gim online.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5 persen pada periode ini.

Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4 persen dibandingkan hari biasa.

3 dari 3 halaman

Siapkan 592 Mobile Grapari

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel menyiagakan 592 Mobile Grapari(MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital.

Pelanggan bisa memperoleh layanan di sekitar 428 Grapari Siaga di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Telkomsel juga menyediakan layanan pesan instan Grapari Virtual Service, sehingga pengguna bisa bertanya banyak informasi mengenai layanan Telkomsel lewat Line, Facebook Messenger, dan Telegram.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 184 ribu BTS di seluruh Indonesia.

Dari jumlah itu, lebih dari 51 ribu BTS adalah BTS 4G di lebih dari 500 kota/kabupaten.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.