Sukses

8 Tim Siap Ramaikan Semifinal Dota 2 dan Mobile Legend di JD.ID HSL 2018

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan JD.ID High School League (HSL) 2018, sebuah liga esports untuk para pelajar SMA di seluruh Indonesia, kini sedang bersiap memasuki babak semi final.

Dimulai sejak Oktober 2018 dan ratusan tim dari SMA di seluruh Indonesia, akhirnya terpilih 8 tim yang akan memperebutkan gelar juara di salah satu liga esports terbesar di Indonesia.

Presiden HSL 2018, Stevanus mengatakan, liga JD.ID High School League 2018 memperoleh antusiasme yang cukup tinggi melewati perkiraan awal.

“Secara total, liga ini diikuti oleh 305 sekolah dengan jumlah siswa 2.015 orang yang tergabung dalam 403 tim dari seluruh Indonesia," jelas Stevanus.

 

2 dari 5 halaman

Diikuti oleh Ribuan Pelajar Seluruh Indonesia

Turnamen eSports. (Doc: AFP)

Ia melanjutkan, "Dari seluruh tim yang ikut serta, 230 diantaranya bertanding di kategori gim Mobile Legend dan 173 tim lainnya gim Dota 2."

Jumlah angka peserta turnamen ini terbilang cukup menakjubkan, berhubung ini merupakan turnamen liga esports pertama diadakan di Indonesia.

"Kami berharap antusiasme terus terasa hingga babak final Season Qualifier dan akan bertambah besar di Season 1 tahun 2019 nanti,” ujarnya.

Peserta JD.ID High School League 2018 sendiri datang dari latar daerah yang cukup luas.

Pelajar SMA dari lebih dari 30 kota di Indonesia seperti Balikpapan, Bengkalis, Indramayu, Denpasar, Pasuruan, hingga kota-kota di Sulawesi datang ke iCafe terdekat dari daerah mereka untuk bertanding.

 

3 dari 5 halaman

Lewati Proses Kualifikasi Ketat

Mobile Legends dikonfirmasi jadi salah satu judul gim esports yang dipertandingkan di SEA Games 2019. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Mulai digelar pada 21 September 2018, 403 tim yang mendaftar harus melewati total 5 kali pertandingan kualifikasi.

Adapun 8 tim yang akan melaju ke babak semifinal, termasuk 4 tim dari kategori gim Mobile Legend dan 4 lainnya dari gim Dota 2.

Tim yang lolos ke semifinal Dota 2, yakni SMA Marsudirini Bekasi, SMA Bhakti Anindya, SMAN 7 Bandung, dan SMAN 23 Bandung.

Sedangkan tim SMA yang bakal bertanding di kategori Mobile Legend, yaitu SMA Istiqamah Bandung, SMK Telkom Makassar, SMA Kristen 1 Petra Surabaya, dan SMAN 1 Purwodadi.

 

4 dari 5 halaman

Babak Final di Britama Arena

Beberapa gamer sedang bermain gim (Dewi Widya Ningrum/Liputan6.com)

Babak semifinal liga esports JD.ID High School League 2018 bakal diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2018 di Highgrounds PIK, Jakarta.

Rencananya babak final akan berlangsung pada tanggal 13 Desember 2018 di Britama Arena, Jakarta.

Sisa pertandingan yang berlangsung hingga acara final akan digunakan untuk memperebutkan slot yang tersedia pada Serie B dan kemudian akan kembali dipertarungkan pada season selanjutnya.

 

5 dari 5 halaman

Dibagi Jadi 3 Season

Pemain Indonesia, Sumarandak Ridel alias BenZerRidel bertanding menghadapi pemain Cina, Huang Chenghui alias Lciopdi di nomor final Clash Royale eSports Asian Games 2018 di Britama Arena Jakarta, Jakarta, Senin (27/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Ady Sesotya)

JD.ID High School League 2018 sendiri terbagi menjadi 3 season, yaitu Season Qualifier di akhir tahun 2018 dilanjutkan dengan Season 1 dan Season 2 pada tahun 2019 mendatang.

Total hadiah yang diperebutkan sepanjang 3 season tersebut mencapai Rp1,2 miliar berupa beasiswa untuk juara 1-3 sebesar Rp10-30 juta, esports PC, dan subsidi gaji guru ekskul sebesar Rp15 juta.

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Aksi Egg Boy Didukung, Warganet Bikin Meme Kocak
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Gamer Esports Profesional Paling Tajir di Dunia, Siapa Saja?
Artikel Selanjutnya
Tim Dota 2 Indonesia Ciptakan Sejarah di Ajang E-Sports Bucharest Minor