Sukses

Hands-On Realme U1, Smartphone RAM 4GB dan Kamera Selfie 25MP

Liputan6.com, Jakarta - Dua bulan yang lalu Realme hadir di Indonesia. Meski masih jadi pemain baru di pasar smartphone Tanah Air, sub-brand dari Oppo ini berhasil mencuri perhatian dengan harga perangkat yang terjangkau dan spek mumpuni.

Usai meluncurkan tiga smartphone sekaligus--Realme 2, Realme C1, dan Realme 2 Pro, perusahaan berbasis di Tiongkok tersebut bersiap merilis seri teranyarnya di Indonesia, yakni Realme U1.

Dalam sebuah sesi terbatas di Jakarta, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mencoba langsung kemampuan smartphone dengan prosesor terbaru milik MediaTek tersebut.

Seperti apa? Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Dari segi desain, Realme U1 tidak terlalu berbeda jauh dengan smartphone sebelumnya, khususnya Realme 2 Pro.

Seperti yang bisa kamu lihat dari foto di atas, Realme U1 masih mempertahankan port microUSB untuk smartphone teranyarnya ini. Padahal, perangkat lain sudah banyak yang mengusung Type C.

Di sisi kanan dan kiri smartphone bisa kamu temukan tombol power, sementara di seberangnya ada tombol volume up/down dan sebuah slot kartu SIM dan microSD.

Yang membedakanya adalah bentuk notch di kedua perangkat. Realme 2 Pro memiliki notch seperti iPhone X, sedangkan Realme U1 mengusung bentuk waterdrop.

Dengan bentuk notch seperti ini, layar bezeless IPS LCD berukuran 6,3 inci, Realme U1 mampu menghasilkan tampilan di lebih lega.

 

2 dari 5 halaman

Dual Kamera Utama

Di bagian belakang smartphone kamu akan menemukan sensor sidik jari dan dual kamera. Saat kami uji, sensor sidik jari Realme U1 ini sangat cepat dan responsif.

Untuk urusan fotografi, Realme U1 hadir dengan dua kamera utama 13MP+2MP berkemampuan mengambil foto bokeh. Kamu bisa lihat foto-foto di bawah ini. 

3 dari 5 halaman

Kamera Selfie

Didapuk sebagai smartphone-nya pecinta selfie, perusahaan menyematkan kamera berkemampuan 25MP dan teknologi AI beauty.

Berikut adalah foto-foto selfie menggunakan kamera depan Realme U1.

Berbekal kamera depan dengan sensor 25MP dan AI beauty, foto-foto yang diambil tampak "cantik" dan terang.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Realme U1

Soal spesifikasi, Realme U1 tampil dengan prosesor terbaru buatan MediaTek, yakni Helio P70.

Guna medongkrak performa smartphone dalam keseharian, Realme menyertakan smartphone terbarunya ini dengan dua varian, yakni RAM 3GB dan memori internal 32GB atau RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Bagi kamu yang merasa kapasitas penyimpanan kurang memadai dapat menambahnya dengan menggunakan microSD hingga 256GB.

 

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Fitur unggulan lain yang dimiliki oleh Realme U1 adalah kemampuan baterai lithium polimer berkapasita 3500mAh-nya. Dengan ini, smartphone bisa bertahan hingga seharian.

Secara keseluruhan, penggunaan singkat kami terbilang cukup memuaskan dalam hal kamera utama dan selfie-nya. Untuk performa, kami merasa cukup puas dengan Realme U1.

Saat pindah-pindah aplikasi, prosesor Helip P70 dibantu dengan RAM 3GB yang tertanam di smartphone mampu hadirkan pengalaman yang cukup mulus.

Namun, kami belum sempat melakukan pengujian Realme U1 untuk bermain gim, streaming video, dan mendengarkan musik. Semua hal tersebut akan dibahas dengan lengkap pada artikel review-nya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Artikel Selanjutnya
Ini Daftar Aplikasi Android Terbaik 2018, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Lagi Viral, Apa Itu Aplikasi Zepeto?