Sukses

Penjualan iPhone 2018 Lesu, Apple Kembali Pangkas Produksi

Apple dilaporkan kembali memangkas produksi iPhone 2018 karena melemahnya angka penjualan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah serangkaian laporan tentang lemahnya penjualan iPhone 2018, Apple pada awal bulan ini disebut telah memangkas produksi ketiga varian smartphone tersebut.

Kini kembali muncul laporan baru, bahwa Apple kembali memangkas produksi iPhone XS, XS Max, dan XR.

Dilansir Phone Arena, Jumat (30/11/2018), pemangkasan produksi ini memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mitra bisnisnya, termasuk pabrikan dan penyuplai. Sejauh ini belum ada konfirmasi tentang jumlah pemangkasan produksi iPhone 2018.

Menurut laporan, pemangkasan produksi ini memengaruhi para penyuplai komponen Apple di Taiwan. Bahkan, satu perusahaan dilaporkan terpaksa merumahkan 110 karyawan untuk mengatasi persoalan pemangkasan produksi tersebut.

Peyuplai lensa kamera iPhone, Largan Precision, pun terkena dampak. Perusahaan diperkirakan mengalami penurunan pendapatan yang besar pada bulan ini.

Pesanan terhadap chip A12 Bionic yang digunakan [iPhone]( 3730739 "") XS, XS Max, dan XR, juga mengalami penurunan.

Namun, TSMC sebagai manufaktur chip tersebut tidak terlalu terpengaruh karena perusahaan juga terlibat dalam produksi chip baru Kirin 980 yang digunakan smartphone seri Mate 20 dan Honor Magic 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paten Baru, iPhone Bakal Punya Desain Lebih Segar

Terlepas dari soal produksi, Apple dilaporkan memiliki sebuah paten baru yang mengindikasikan bentuk iPhone terbaru. Paten tersebut bernama Surface Finishing.

Paten itu memperlihatkan kemungkinan bentuk permukaan di luar lapisan kaca iPhone. Hal ini akan menciptakan efek pelangi, gradien, dan desain yang mengubah warna pada bagian belakang perangkat.

Ada kemungkinan paten baru ini akan diterapkan pada iPhone tahun depan. Jika laporan tentang lemahnya penjualan iPhone XS, XS Max, dan XR benar, maka dibutuhkan tampilan yang benar-benar baru. Strategi ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan nantinya.

Adapun Apple pada September lalu mengumumkan tiga varian smartphone barunya, XR, XS, dan XS Max. Ketiganya telah dijual di berbagai negara, tapi belum menyambangi Indonesia.

Jika merujuk pada waktu pengumuman sebelumnya, iPhone terbaru pada tahun depan akan diumumkan pada bulan yang sama. Seiring mendekati waktu pengumumannya, bocoran tentang iPhone biasanya akan kian banyak beredar di internet.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.