Sukses

3 Aplikasi File Manager Terbaik di Android Ini Patut Kamu Coba

File di perangkat Android kamu sudah mulai penuh dan tidak teratur letaknya? Aplikasi file manager berikut ini dapat menjadi solusi pilihan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda-beda, pada dasarnya smartphone yang sering kamu gunakan adalah sebuah komputer saku.

Seperti PC atau laptop biasanya, kamu pasti menjejali berbagai macam aplikasi atau file ke dalam smartphone.

Untungnya, banyak vendor memberikan kamu akses bilamana ingin mengatur sesuatu atau ketika ingin menghapus file dari memori internal yang sudah mulai sesak.

Apa pun tujuannya, kamu membutuhkan sebuah aplikasi file manager terbaik untuk memastikan proses tersebut berjalan dengan mudah dan cepat.

Walau sebagian besar ponsel Android sudah dilengkapi dengan aplikasi macam tersebut, seringkali mereka memiliki fitur dan fungsi yang terbatas.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah aplikasi file manager pilihan Tekno Liputan6.com, sebagaimana dirangkum dari Digital Trends, Rabu (21/11/2018).

1. Files by Google

Files by Google. Liputan6.com/ Yuslianson

Setelah mendapatkan berbagai perbaikan, aplikasi Google Files Go akhirnya secara resmi berubah menjadi Files by Google.

Tak hanya berubah nama, tampilan aplikasi ini juga dirombak habis oleh Google.

Kini, tampilan muka di dalam aplikasi terlihat lebih bersih dan semakin mudah digunakan, dengan tiga fitur utama, yakni Clean, Browse, dan Share.

Kamu akan mendapatkan saran bilamana ada file yang tidak lagi diperlukan, seperti file sampah dan foto yang sudah di backup ke cloud.

Kamu juga dapat mencari file, mengubah namanya, atau mem-backup ke kartu microSD atau cloud, dan banyak lagi. Selain itu, kamu bisa berbagai file dengan cepat dengan orang lain menggunakan fitur WiFi Direct.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. X-plore File Manager

X-plore. Liputan6.com/ Yuslianson

Meski memiliki tampilan yang 'ramai' ketimbang Files by Google, X-plore File Manager kaya dengan fitur.

Aplikasi ini sudah mendukung kemampuan untuk browsing dual-panel. Dengan ini, kamu dapat dengan mudah memindahkan file.

Selain itu, X-plore memiliki kemampuan dimana pengguna dapat menghubungkan aplikasi dengan sejumlah layanan penyimpanan cloud.

Kamu juga akan menemukan fitur pemutar musik dan video yang sudah terintegrasi dengan aplikasi; dan kemampuan untuk menggunakan X-plore ketika berbagai file di folder via koneksi LAN.

3. Solid Explorer

Solid Explore. (Doc: Google Play)

Selain dua aplikasi file manager di atas, Solid Explorer ini dapat menjadi pilihan kamu untuk mencoba.

Seperti X-plore, aplikasi ini menawarkan dukungan tampilan dual-panel, integrasi layanan cloud, pemutar musik, dan masih banyak lagi.

Sayang, untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara penuh kamu harus membelinya seharga US$3 atau sekira Rp 43 ribuan.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.