Sukses

10 Gim Horor Terbaik Sepanjang Masa (Bagian 1)

Liputan6.com, Jakarta - Resident Evil, Silent Hill, Fatal Frame, judul-judul gim tersebut mungkin kedengarannya sudah tidak familiar lagi di telinga kamu.

Harus diakui, jika kamu seorang gamer, pasti kamu pernah memainkan judul-judul gim horror tersebut, karena kadung penasaran.

Ya, bagi sebagian besar para gamer, genre horror memang telah menjadi genre favorit dari semua genre gim yang pernah dimainkan.

Eksistensi genre ini di ranah video gim  bahkan sudah dinilai termasuk ke kategori genre kawakan jika dibandingkan genre-genre lainnya.

Saat ini, sudah banyak judul gim horror telah menjamur ke beragam platform , mulai dari konsol bahkan sampai perangkat mobile.

Berbeda dengan jaman dulu, gim horror kini tak lagi menjadi sebagai sebuah gim yang kerap menghadirkan adegan-adegan mengerikan dan sekadar memperlihatkan makhluk menyeramkan saja.

Justru, storyline dan efek suara menjadi bumbu utama para developer dalam mengemas gim horror-nya menjadi lebih mencekam dan penuh atmosfer.

Nah, dalam rangka merayakan akhir bulan gim horror yang mana juga diasosiasikan ke dalam Halloween, kali ini tim Tekno Liputan6.com secara ekslusif akan menyajikan daftar gim horror terbaik yang pernah ada sepanjang masa.

Mengutip informasi Gameranx, Rabu (31/10/2018), terdapat sepuluh (10) gim horror yang dijamin akan membuat kamu bergidik ketakutan saat memainkannya. Yuk simak apa saja!

10. Dead Space (PC, PS3, Xbox 360)

Dead Space

Dirilis pada 2008 silam oleh Electronic Arts, Dead Space menjadi salah satu gim horror paling menyeramkan yang pernah ada.

Berbeda dengan gim horror lainnya, Dead Space justru mengusung storyline survival horror yang mengambil setting di luar angkasa.

Nuansa science-horror yang begitu kental sangat terasa ketika pemainnya harus menjelajahi sebuah spacecraft (pesawat luar angkasa) raksasa yang tidak berpenghuni.

Selain itu, hadirnya Necromorphs (sebutan monster alien yang ada di gim ini) menjadi sosok provokatif yang mampu membuat pemainnya ketar-ketir.

9. Silent Hills (PS4)

Silent Hills - P.T.

Meski hanya memiliki embel-embel P.T. atau Playable Trailer, popularitas Silent Hills menyaingi seri orisinilnya sendiri.

Sayangnya, proyek pengembangan gim yang dibesut oleh Hideo Kojima (director Metal Gear Solid) dan sutradara horror kondang Guillermo Del Toro ini kkamus di tengah jalan.

Silent Hills merupakan seri gim terbaru Konami yang menampilkan gimplay survival horror dan juga memadukan cara pandang karakter first person.

Playable teaser-nya bisa dibilang sangat mengerikan dan sudah mampu memberikan pkamungan kepada gamer bahwa Silent Hills bisa menjadi salah satu gim yang (seharusnya) sangat menjanjikan untuk dirilis.

Durasi gim ini terbilang sangat pendek (ya, karena mungkin hanya demo). kamu sebagai pemain akan dikurung di sebuah rumah dan mengitari koridor secara terus menerus untuk menguak misteri apa yang sedang terjadi di rumah tersebut.

Bayangkan, kamu harus menelusuri koridor yang tadinya terang benderang, perlahan-lahan lampu yang ada di koridor tersebut mati satu persatu dan tahu bahwa kamu tidak sendiri di rumah tersebut.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

8. Siren: Blood Curse (PS3)

Siren: Blood Curse

Siren menjadi salah satu gim horror yang berbeda karena mengusung storyline dengan latar mitos masyarakat tradisional Jepang.

Uniknya, di gim ini terdapat beberapa karakter yang bisa dimainkan dengan latar cerita yang berbeda-beda.

Siren juga menitikberatkan ke titik paling lemah yang dialami karakternya, sehingga mampu menciptakan atmosfer kepanikan tersendiri bagi para pemainnya. Yang artinya, kamu tidak akan bisa melawan makhluk halus yang ada di gim ini. Jadi, kamu hanya bisa bersembunyi atau kabur.

7. Silent Hill 4: The Room (PS2)

Silent Hill 4: The Room

Seri keempat dari Silent Hill ini masuk ke peringkat ketujuh jajaran gim paling mengerikan sepanjang masa.

Meski memang tidak mendulang sukses seperti sekuel pendahulunya, aura horor yang begitu orisinil sangatlah bisa dirasa lewat gameplay yang ditawarkan. Selain itu, environment (lingkungan) serta hadirnya para makhluk menyeramkan nan surealis menambah bumbu keabsurdan Silent Hill 4 menjadi lebih gurih.

Silent Hill 4 bercerita tentang seorang pria yang bernama Henry Townshend yang mana mendapati dirinya terkurung di sebuah kamar apartemen.

Anehnya, ia malah menemukan jalan keluar lewat kamar mandi yang mana dapat menggiringnya ke sebuah dunia mengerikan yang tak akan pernah ia duga.

6. Resident Evil (PS1, Gamecube, Xbox One, PS4)

Resident Evil

Seri Resident Evil (RE) ini merupakan awal mula dari semua seri gim RE lainnya. Dirilis pada tahun 1996 untuk konsol PS 1.

Dengan grafik yang cukup baik dan storyline yang menjanjikan pada masanya, RE menjadi gim survival horror pertama yang menyajikan gameplay yang begitu menarik.

Lucunya, gim ini memiliki voice acting yang cukup buruk. Namun, banyak fans RE yang masih memperbincangkan hal ini sampai sekarang dan menjadi salah satu ciri khas dari gim ini.

RE telah di-remake ke konsol Nintendo gimcube pada tahun 2002, dan pada tahun ini RE versi remake tersebut telah di-remaster secara ekslusif untuk PC, PS 4 dan Xbox One.

5. Clock Tower (PC, Nintendo)

Clock Tower

Seri pertama Clock Tower menjadi mimpi buruk para gamer di era 1990-an silam.

Meski berbalut tampilan grafis 2D yang sangat sederhana, gim ini mampu menciptakan atmosfer horror yang super mencekam, semua itu berkat apiknya storyline yang dikemas oleh developer.

Clock Tower mengusung gameplay point and click, di mana para pemain bisa mengontrol Jennifer (karakter utama Clock Tower) untuk menelusuri mansion tua yang dihuni oleh monster yang disebut Scissor Man.

Bersambung ke Bagian 2.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Ini Alasan Penyanyi Sia Selalu Tutupi Muka Pakai Wig
Loading
Artikel Selanjutnya
Capcom Bakal Rilis 3 Judul Gim Resident Evil di Nintendo Switch
Artikel Selanjutnya
Siapkan Dompet, Ini Rekomendasi Spek PC untuk Gim Fallout 76