Sukses

4 Tips Mudah Menghemat Baterai pada iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang paling membuat pengguna jengkel pada iPhone adalah kondisi baterai yang dayanya sering menurun alias drop.

Bahkan ada beberapa yang mengaku saaat di-charge penuh, baterai iPhone  langsung menurun dalam waktu yang tidak diperkirakan.

Padahal, untuk menjaga daya baterai bisa bertahan lama, banyak orang berusaha untuk menggunakan aplikasi yang tidak menguras baterai. Sayang, hal tersebut sama sekali tidak menolong.

Seperti dilansir TCC Rocks, Senin (17/9/2018), untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menghemat daya tahan baterai di iPhone.

Tips ini pun diklaim sangat mudah dilakukan dan sangat membantu. Apa saja? Berikut caranya.

1. Nonaktifkan aplikasi yang bekerja di background

Tahukah kamu, kalau membuka aplikasi yang berjalan di latar belakang ternyata dapat membuat baterai smartphone terkuras habis?

Bagi pengguna iOS, ada cara efektif untuk menonaktifkan data aplikasi yang berjalan di background, buka Settings -> General -> Background App Refresh -> Select app to turn off.

Beda halnya dengan pengguna Android, untuk menonaktifkan aplikasi yang bekerja di background, buka Pengaturan -> Penggunaan Data -> Ketuk aplikasi pilihan -> Lalu klik bagian bawah untuk membatasi data latar belakang.

3. Nonaktifkan Location Services

Fitur Location memang penting jika kamu menggunakan GPS atau aplikasi transportasi online untuk menentukan titik bertemu. Namun jika tidak kemana-mana, ada baiknya kamu matikan fitur Location.

Fitur ini diketahui menyedot kinerja baterai untuk selalu meng-update keberadaan kamu. Untuk mematikannya, klik Settings -> Privacy -> Location Services -> Geser Location Services.

 

2 dari 3 halaman

3. Gunakan Mode Daya Rendah pada Baterai

Salah satu menghemat baterai dengan menaktifkan mode daya rendah (low power mode) untuk setiap pengisian, caranya buka Settings -> Battery -> Low power mode. Cara ini dilakukan untuk menghemat pemakaian baterai dalam waktu lama.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Deteksi Aplikasi yang Menguras Baterai iPhone

Apple menghadirkan fitur di bagian "Battery Usage" yang bisa mendeteksi berapa lama persentase daya yang dihabiskan aplikasi yang terinstal di iPhone kamu.

Cara untuk mendeteksinya gampang, Anda bisa pergi ke Settings -> Battery lalu tap ikon jam di sisi kanan untuk mengetahui aplikasi mana yang paling lama digunakan sehingga membuat baterai iPhone jadi boros.

Jika kamu berkenan dan merasa aplikasi itu membuat baterai iPhone menjadi cepat low, kamu bisa segera meng-uninstall-nya.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jengkel Sering Dapat SMS Penipuan? Begini Cara Mencegahnya
Artikel Selanjutnya
7 Tips Raih Chicken Dinner di War Mode PUBG Mobile