Sukses

Samsung Mulai Gulirkan Android Oreo untuk Galaxy A8

Liputan6.com, Jakarta - Samsung secara bertahap mulai menggulirkan pembaruan Android Oreo untuk jajaran smartphone terbarunya. Kali ini, giliran Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus yang disebut telah pembaruan untuk Android paling anyar tersebut.

Berdasarkan laporan Sam Mobile, pembaruan Android Oreo untuk Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus baru dirilis untuk beberapa wilayah saja.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (12/7/2018), pembaruan ini baru meluncur bagi pengguna di Rusia, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Ukraina.

Bersamaan dengan pembaruan ini, Samsung juga menghadirkan dukungan VoLTE untuk kedua slot SIM. Selain itu, patch keamanan Juli 2018 telah disertakan dalam pembaruan ini.

Sayangnya, dukungan untuk Dolby Atmos tidak disebutkan dalam deskripsi pembaruan. Ada kemungkinan hal ini dilakukan sebab fitur Dolby Atmos di Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus hanya dapat digunakan saat terhubung dengan perangkat audio lain, baik kabel maupun nirkabel.

Pembaruan ini diperkirakan akan rilis secara bertahap ke sejumlah negara lain. Karena itu, pengguna Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus di Indonesia harus sedikit bersabar untuk menjajal manisnya Android Oreo. 

Kabar mengenai rencana Samsung untuk merilis pembaruan Android Oreo ke Galaxy A8 memang sudah terdengar sejak bulan Mei 2018. Namun, pembaruan Galaxy A8 ini sebenarnya agak lebih lambat dari model lainnya. 

Menurut sumber anonim, hal itu dilakukan karena Samsung memilih untuk merilis pembaruan ke produk lain yang sudah lebih dulu rilis dan menjadi prioritas, seperti Galaxy S dan Galaxy A 2017.

1 dari 2 halaman

Samsung Tunda Rilis Android Oreo untuk Galaxy J

Sementara jadwal rilis Android Oreo untuk Galaxy J akan mengalami penundaan. Informasi ini diketahui dari Guncelmiyiz, situs yang khusus melacak jadwal pembaruan untuk smartphone Samsung di Turki.

Berdasarkan informasi itu, seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (5/7/2018), tiga model yang akan mendapatkan pembaruan ke Android Oreo adalah Galaxy J3 (2017), Galaxy J5 Pro, dan Galaxy J7 Pro.

Adapun ketiga model itu akan mendapat pembaruan pada akhir September 2018. Padahal, dari jadwal sebelumya Samsung disebut-sebut akan menghadirkan pembaruan pada Juli 2018.

Sayangnya, tak ada penjelasan mengenai alasan tertundanya pembaruan Android Oreo di seri Galaxy J. Situs tersebut hanya memberikan keterangan bahwa saat ini sistem operasi anyar tersebut masih dalam tahap uji coba.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Galaxy S10 Plus Bakal Hadir dengan Dua Kamera Selfie
Artikel Selanjutnya
Pabrik Terbesar Samsung Resmi Dibuka di India