Sukses

5 Fitur Ini Perlu Kamu Perhatikan Saat Beli Smartphone Kekinian

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua vendor smartphone telah merilis berbagai smartphone dengan fitur kekinian. Layar bezeless, kamera ganda, baterai berkapasitas besar adalah segelintir di antara fitur kekinian yang dibekalkan pada sebuah smartphone kekinian.

Bagi kamu yang sudah berniat ganti smartphone ke model terbaru, yuk cek beberapa fitur anyar yang perlu jadi pertimbangan saat beli smartphone kekinian.

1. Bodi Unibody

Sejak beberapa waktu lalu, vendor smartphone telah menghadirkan desain unibody.

Dengan desain unibody, kamu tidak bisa membuka bodi smartphone untuk melihat komponen-komponen di dalamnya.

Membongkar smartphone pun tidak lagi bisa dilakukan jika smartphone kamu mengusung desain unibody.

Meski begitu, masih ada beberapa vendor yang masih mengaplikasikan konsep bodi yang bisa dilepas kover belakangnya.

2. Kapasitas Baterai Besar

Baterai berkapasitas besar tidak hanya ada di perangkat flagship. Buktinya sejumlah vendor mulai menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai besar.

Untuk tahun 2018, smartphone dengan kapasitas baterai di atas 3.000mAh kini menjadi standar smartphone dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bodi Metal Atau Kaca

3. Bodi Plastik dan Metal

Sebelum membeli smartphone, kamu juga perlu tahu material yang digunakan untuk bodi smartphone.

Saat ini banyak vendor yang menggunakan material plastik dan metal untuk bodi smartphone. Ada juga smartphone yang didesain dengan material kaca dan warna gradasi.

4. Aspek Rasio 18:9

Tren smartphone yang dirilis tahun 2018 umumnya menggunakan rasio layar baru, yakni 18:9. Sebagian juga menghadirkan tren layar notch dengan rasio 19:9.

Penggunaan notch di layar banyak diikuti oleh vendor smartphone setelah kemunculan iPhone X pada akhir 2017.

3 dari 3 halaman

Slot Memory dan SIM Card

5. Slot SIM Ganda dan Memori Card

Saat ini, smartphone yang dirilis oleh vendor telah dibekali dengan beragam opsi ruang penyimpanan. Ada yang 32GB, 64GB, 128GB, dan seterusnya.

Masalahnya, ada sejumlah smartphone yang tidak lagi menghadirkan slot memori card untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan entah lewat hybrid slot maupun triple slot pada smartphone.

Upayakan untuk membeli perangkat yang dibekali dengan triple slot karena akan membuat pengguna lebih leluasa menggunakan dua kartu SIM ditambah memori eksternal dalam sebuah smartphone.

(Tin/Isk)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.