Sukses

Google Doodle Masih Tampilkan Gelaran Piala Dunia 2018

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti kemarin, Google Doodle kali ini masih menampilkan ilustrasi yang menggambarkan kemeriahan gelaran Piala Dunia 2018. Pada hari kedua ini, Google menampilkan ilustrasi dari sejumlah artis berbeda.

Kali ini, ilustrasi yang ditampilkan di Google Doodle berasal dari Mesir, Iran, Maroko, Portugal, Spanyol, dan Uruguay. Dalam ilustrasi ini, setiap artis menggambarkan arti sepak bola di negara mereka masing-masing.

Dilansir CNET, Jumat (15/6/2018), doodle baru akan muncul setiap hari sepanjang turnamen yang akan berakhir pada 15 Juli 2018. Nantinya, ilustrasi ini akan diisi oleh dari artis yang berasal dari negara peserta Piala Dunia.

Sekadar informasi, dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 yang digelar kemarin, tuan rumah Rusia berhasil meraih kemenangan. Tak tanggung-tanggung, Rusia berhasil meraih kemenangan telak 5-0 saat melawan Arab Saudi.

Denis Cheryshev menjadi bintang dalam pertandingan itu lewat sumbangan dua gol. Kemenangan ini membuat Rusia menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, sedangkan Arab Saudi berada di dasar klasemen dengan poin nol.

Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov, sudah menduga kalau anak asuhnya bisa menunjukkan penampilan prima ketika menghadapi Arab Saudi.

Statistik FIFA mencatat, Rusia sebenarnya kalah dalam penguasaan bola karena hanya miliki 40 persen, berbanding 60 persen milik Arab Saudi. Namun, tim Beruang Merah sukses meraih 13 peluang dalam pertandingan perdana Piala Dunia 2018 tersebut.

1 dari 3 halaman

Apple Turut Meriahkan Euforia Piala Dunia 2018

Euforia Piala Dunia juga dialami oleh sejumlah perusahaan teknologi. Apple termasuk salah satu perusahaan yang turut memeriahkan pertandingan sepak bola terbesar tersebut melalui jajaran layanannya.

Dilansir Phone Arena, Jumat (15/6/2018), Apple membekali layanannya yakni Siri, App Store, iBooks, dan Podcast dengan berbagai konten terkait Piala Dunia.

Untuk Siri, misalnya, pengguna bisa bertanya kepada asisten virtual tersebut tentang jadwal pertandingan Prancis kontra Australia atau daftar negara yang berada di grup A.

Kemampuan Siri ini bisa dinikmati oleh pengguna di 26 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Brasil, Rusia, Denmark, Finlandia, Turki, dan Arab Saudi.

App Store turut merayakan Piala Dunia 2018 dengan mengungkapkan berbagai aplikasi dan gim favorit dari bintang sepak bola. Gim seperti FIFA Mobile dan PES 2018 juga akan tersedia.

Apple Music juga akan memiliki 32 playlist, yang masing-masing mewakili negara peserta Piala Dunia.

iBooks pun akan memiliki "editorial collection" bernama The Beautiful Game, yang berisi biografi, memoar dan konten non-fiksi menggambarkan sejumlah kemenangan luar biasa, juara yang tidak diunggulkan dan pahlawan nasional dalam Piala Dunia.

2 dari 3 halaman

Facebook Messenger Turut Meriahkan Piala Dunia 2018

Sebelumnya, Facebook juga menyemarakkan Piala Dunia FIFA 2018 dengan menambahkan sejumlah konten baru yang berkaitan dengan Piala Dunia di aplikasi Messenger pada perangkat Android dan iOS.

Dilansir Phone Arena, Rabu (13/6/2018), sejumlah fitur baru Messenger itu akan dihadirkan melalui pembaruan yang akan dirilis di App Store dan Google Play Store dalam waktu dekat ini. Fitur baru ini mencakup gim dan filter bertema Piala Dunia.

Messenger bukan satu-satunya layanan milik Facebook yang akan memeriahkan pertandingan sepak bola terbesar di dunia tersebut. Perusahaan juga akan melakukan hal serupa dengan News Feed.

Satu hari sebelum pertandingan, para penggemar sepak bola akan melihat sebuah pesan animasi di laman News Feed yang mengajak menggunakan frame profil dari tim favorit mereka di Piala Dunia.

Selain itu, sejumlah animasi baru juga akan muncul ketika pengguna merayakan kemenangan tim favorit dengan frasa khusus di News Feed.

Lebih lanjut, pengguna aplikasi Facebook dan kamera Messenger akan bisa menggunakan berbagai efek bertema Piala Dunia.

Misalnya, pengguna bisa mengambil gambar dengan efek berupa cat wajah atau wig bendera yang menunjukkan dukungan mereka untuk tim favorit.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Prediksi Maroko Vs Iran: Bidik Start Gemilang
Artikel Selanjutnya
Bintang Korea Selatan Tak Lagi Bergaya Rambut Nyeleneh di Rusia