Sukses

Galaxy Note 9 Bakal Hadir dengan RAM 8GB dan Memori 512GB?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memang belum mengumumkan kapan flagship smartphone selanjutnya, Galaxy Note 9, akan dirilis. Meski masih berbulan-bulan lagi, sejumlah bocoran tentang smartphone ini sudah beredar di internet.

Mengutip laman Phone Arena, Senin (28/5/2018), penerus Galaxy Note 8 ini kemungkinan hadir dengan ruang penyimpanan dan RAM yang lebih luas dibanding pendahulunya.

Sekadar diketahui, saat ini memori internal paling besar yang ditawarkan Samsung adalah 256GB pada Galaxy S9.

Menurut tipster dengan akun Twitter @UniverseIce, Galaxy Note 9 bisa memiliki memori internal hingga 512GB. Meski punya memori besar, Galaxy Note 9 tetap dibekali slot microSD. Lain lagi dengan RAM-nya yang bisa mencapai 8GB.

Saat ini, kebenaran informasi tersebut memang belum bisa dipastikan. Namun hal ini bisa jadi petunjuk bahwa kemungkinan ada varian Galaxy Note 9 dengan varian penyimpanan lebih besar. Kendati begitu, kemungkinan juga akan tetap ada varian memori internal 64GB dan RAM seluas 6GB.

Terlepas dari memori 512GB, Galaxy Note 9 dipercaya hadir dengan prosesor Snapdragon 845 untuk pasar Amerika Serikat, sementara pasar lainnya akan menggunakan chipset Exynos 9810.

Meskipun banyak dipertanyakan, Phone Arena menyebut smartphone Samsung dengan chipset Exynos relatif lebih cepat dibandingkan varian Qualcomm.

2 dari 3 halaman

Kamera Galaxy Note 9

Beralih ke kamera, seperti pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, kemungkinan Galaxy Note 9 akan dibekali kamera dengan variable aperture. Sementara, untuk kamera sekundernya merupakan lensa telephoto.

Belum diketahui apakah akan ada sejumlah peningkatan mayor dari segi kamera Galaxy Note 9. Namun Samsung memang telah memfokuskan diri untuk meningkatkan kamera pada perangkatnya.

Galaxy Note 9 akan didukung OS Android 8.1 Oreo, sebab Android P baru dipastikan melenggang resmi pada pertengahan Agustus. Artinya setelah launching, Galaxy Note 9 akan bisa diperbarui menjadi OS Android P.

3 dari 3 halaman

Skor GeekBench Galaxy Note 9

Baru-baru ini skor benchmark dari perangkat itu muncul di Geekbench.

Pada aplikasi uji performa tersebut, smartphone dengan nomor model SM-N960U ini bakal menggunakan chipset Qualcomm 8-bit Snapdragon 845, dan dioptimalkan dengan RAM 6GB.

Menurut data Geekbench, tampak skor patokan multi-core 8806 dan skor single-core 2190.

Angka-angka ini mungkin sebanding dengan Snapdragon 845 yang ada di Galaxy S9+ (8420 multi-core, 2390 single-core), dan juga lebih rendah dari Samsung Galaxy S9 versi Exynos 9810 yang tercatat 8894 multi-core dan 3648 dalam single-core).

Perangkat ini kemungkinan besar bakal dirilis pada bulan Agustus 2018. Kabarnya, Galaxy Note 9 ini akan menjadi smartphone pertama Samsung yang memiliki sensor sidik jari di layar.

Tak hanya itu, kapasitas baterai Galaxy Note 9 ini akan lebih besar dibandingkan dengan Note 8.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading