Sukses

Terkuak, Inikah Spesifikasi Xiaomi Redmi 6?

Meski belum setahun sejak seri Redmi 5 dirilis, spesifikasi Redmi 6 telah muncul di lamann pengajuan sertifikat perangkat Tiongkok TENAA, seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah merilis sejumlah perangkat di tahun 2018. Namun perusahaan Tiongkok itu tampaknya tidak berhenti, pasalnya Xiaomi kemungkinan akan merilis smartphone Redmi yang terbaru.

Sekadar informasi, Redmi terakhir yang dirilis adalah seri Redmi 5 yang dirilis Desember 2017 diikuti dengan peluncuran global per Februari 2018.

Tiga bulan berselang, kabarnya perusahaan sudah mempersiapkan Redmi 6. Bahkan, spesifikasi fisiknya sudah beredar online. Sebagaimana dikutip dari NDTV, Jumat (25/5/2018), kemungkinan yang akan hadir terlebih dahulu adalah Redmi 6 atau Redmi 6A.

Hal ini diketahui dari laman sertifikasi Tiongkok TENAA. Dalam laman tersebut, ada tiga smartphone Xiaomi yang muncul dengan code number M1804C3DE, M1804C3CCm dan M1805C3CE.

Model pertama hadir dengan kamera ganda kemungkinan merupakan Redmi 6. Sementara model lainnya diramalkan sebagai Redmi 6A. Ada juga yang menilai ketiga model tersebut adalah Redmi 6 varian Pro dan Plus.

Redmi 6 disebut-sebut hadir dengan layar 5,45 inci (720x1.440 piksel) dan rasio aspek 18:9 serta dibekali OS Android Oreo 8.1.

Smartphone tersebut juga kemungkinan hadir dengan prosesor octa-core (diperkirakan Snapdragon 625) berkecepatan hingga 2.0GHz. Laman tersebut juga menyebut perangkat ini dibekali baterai 3.000mAh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadir dengan Spesifikasi Berbeda

Ketiga model hadir dengan pilihan RAM, kamera, dan ruang penyimpanan berbeda. Untuk M1804C3DE, misalnya hadir dengan RAM 2GB/3GB/4GB dan ruang penyimpanan 16GB/ 32GB/ 64GB. Model ini memiliki kamera utama 12MP (tidak diketahui resolusi kamera satunya) dan kamera depan 5MP.

Sementara, model M1804C3CC hadir dengan opsi RAM 2GB serta ruang penyimpanan 16GB. Smartphone ini dibekali kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP.

Terakhir, model M1804C3CE hadir dengan pilihan RAM 2GB dan 3GB serta ruang penyimpanan internal 16GB dan 32GB. Kamera utama smartphone ini memiliki sensor 12MP dan kamera depannya 5MP.

Terpisah, GSM Arena mengungkap penampakan fisik Redmi 6 yang hadir tanpa tombol Home.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Tentang Smartphone Gaib

Xiaomi Redmi Note 5 yang dirilis beberapa lalu mendapat predikat ponsel 'gaib' dari pengguna media sosial. Pasalnya, smartphone berkamera ganda yang dibekali prosesor Snapdragon 636 itu sangat laku di pasaran.

Bahkan, saking lakunya konsumen cenderung sulit mendapatkannya baik secara flash sale maupun pembelian langsung di toko resmi Mi Store.

Xiaomi pun menanggapi hal tersebut. Diungkapkan oleh Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager, Steven Shi, pihaknya juga sangat terkejut dengan kondisi permintaan yang sangat tinggi dari konsumen.

"Saya juga surprised dengan keadaan ini, permintaan untuk smartphone Xiaomi sangat tinggi dan cepat," katanya kepada media saat ditemui di acara Buka Puasa Media bersama Xiaomi di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Steven mengatakan, pihaknya telah melakukan segala cara agar pengguna Xiaomi bisa mendapatkan smartphone terbaru asal Tiongkok ini. Steven tak menampik setiap kali mengadakan flash sale atau menjualnya di toko resmi Mi Store, perangkat selalu habis terjual hanya dalam hitungan detik.

"Saya rasa ini mengindikasikan kalau orang-orang Indonesia senang dengan brand Xiaomi, karena kami selalu menghadirkan perangkat dengan kualitas terbaik, spesifikasi terbaik, dan harga yang terbaik juga," ucap Steven.

Meski sulit mendapatkan smartphone Redmi Note 5 saat flash sale maupun di toko resmi Xiaomi, Steven menolak bila produk Xiaomi disebut terbatas jumlahnya.

"Produknya tidak terbatas, yang ada adalah demand yang sangat banyak, sehingga kami berusaha agar bisa menghadirkan lebih banyak perangkat ke pasaran," ucapnya.

Soal harga yang lebih tinggi ditawarkan oleh toko retail pihak ketiga, Steven berjanji Xiaomi akan membuka lebih banyak Official Mi Store.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.