Sukses

Jack Ma Blak-blakan Ogah Pakai Bitcoin

Liputan6.com, Tianjin - Sudah bukan rahasia jika Jack Ma adalah salah satu bos teknologi yang mengaku tak tertarik dengan mata uang digital (cryptocurrency) Bitcoin.

Ya, sebelumnya pendiri sekaligus executive chairman Alibaba Group tersebut mengaku tidak tertarik sama sekali untuk mempelajari mata uang digital ini.

Pengakuan Jack Ma bahkan semakin diperkuat oleh pernyataannya yang dilontarkan belum lama ini. Ia mengungkap dirinya berada di kubu yang tidak sama sekali tertarik untuk menggunakan Bitcoin.

Dilansir South China Morning Post, Selasa (22/5/2018), Jack Ma mengungkap ranah mata uang digital sebagai 'gelembung'. Namun gelembung ini tidak berlaku sama sekali pada ranah teknologi blockchain.

"Tidak ada gelembung pada blockchain, tetapi untuk Bitcoin ada gelembung," ujar Jack Ma di gelaran World Intelligence Congres yang dihelat di Tianjin, Tiongkok, belum lama ini.

Gelembung yang dimaksud adalah kondisi siklus ekonomi pada kegiatan perdagangan ke sebuah aset dengan volume besar, sehingga kisaran harganya sangat jauh melampaui nilai intrinsik. Bitcoin, dalam kasus ini, tengah mengalami fenomena tersebut.

Walau memandang sinis bitcoin, nyatanya Jack Ma tetap optimistis dengan teknologi di balik transaksi mata uang digital, yakni blockchain. Secara pribadi, Jack Ma mengaku tertarik dengan blockchain.

Jack Ma juga berkata kalau blockchain merupakan solusi keamanan dan privasi terbaik untuk kegiatan finansial berbasis internet.

 

2 dari 3 halaman

Pengembangan Teknologi Blockhain

Namun sekali lagi, ia tidak setuju kalau teknologi tersebut diimplementasikan untuk menjalankan transaksi mata uang digital seperti bitcoin dan dapat menghasilkan uang.

"Blockchain mungkin tidak dibutuhkan media sosial, tetapi mau tak mau kita harus tetap beralih ke sana. Kalau tidak, hasilnya bisa fatal," tutup pria dengan nama asli Ma Yun ini.

"Kalau pun berhasil, aturan internasional dalam perdagangan dan finansial akan berubah total. Kami juga berupaya besar untuk mengembangkan teknologi blockchain," tandasnya.

Bagaimana pun, upaya Alibaba dalam mengembangkan teknologi blockchain kini masih terbatas pada aplikasi yang beroperasi dalam perintah ekonomi di Tiongkok untuk sekarang.

3 dari 3 halaman

Tidak Siap Melompat ke Mata Uang Digital

Teknologi blockchain sendiri sudah diciptakan Alibaba sebagai inisiatif untuk meningkatkan kesehatan dan memberantas penjualan makanan palsu.

Lantas, ketika Jack Ma ditanyakan apakah Alibaba bersiap untuk 'melompat' dalam ranah mata uang digital, dirinya mengungkap sepertinya belum siap.

"Kami justru akan fokus pada AliPay dan teknologi-teknologi lain seperti pengembangan atau uang RMB, USD, EUR dan mata uang negara lain. Jadi sekali lagi, bitcoin memang bukan untuk saya," pungkasnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Peran Penting Blockchain untuk Pengolahan dan Pemanfaatan Data
Artikel Selanjutnya
HTC Bakal Rilis Smartphone yang Dukung Teknologi Blockchain