Sukses

Go-Jek Gaet Bentor Gorontalo, Kapan Mulai Beroperasi?

Go-Jek bekerja sama dengan becak motor atau yang biasa disebut Bentor di Gorontalo.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan ride-sharing Go-Jek bekerja sama dengan becak motor atau yang biasa disebut Bentor di Gorontalo.

Kerja sama antara aplikasi dan Bentor ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia, sehingga diharapkan dapat mempermudah para mitra pengemudi untuk mendapatkan penumpang dan pesanan lainnya.

Go-Jek menyebutkan kerja sama dengan Bentor ini didasarkan untuk memaksimalkan manfaat kearifan lokal di Gorontalo.

Sebagai bagian kehidupan masyarakat dan memiliki peranan penting dalam perekonomian lokal, Go-Jek melihat peranan ekonomi Bentor tersebut dapat diakselerasi dengan teknologinya.

"Seperti halnya ojek di berbagai kota lain di Indonesia, Bentor telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat Gorontalo. Mereka salah satu yang memegang peranan penting perekonomian rakyat," kata VP Corporate Communications Go-Jek, Michael Say, dalam keterangan resminya, Selasa (24/4/2018).

Ia menambahkan, pihaknya melihat peranan ekonomi Bentor tersebut dapat diakselerasi dengan teknologi Go-Jek.

"Oleh karena itu, untuk Gorontalo, kami akan fokus dahulu pada kemitraan dengan Bentor,” sambungnya. 

Melalui kerja sama ini, mitra Go-Jek juga mendapatkan beberapa keuntungan, termasuk proteksi kesehatan bekerja sama dengan BPJS dan berbagai institusi keuangan dengan harga mulai dari Rp 15 ribu per bulan, program KPR, hingga cicilan haji umroh Rp 30 ribu per hari.

"Misi Go-Jek adalah memberikan kesempatan kepada mitra untuk meningkatkan kesejahteraan yang berkesinambungan bagi mereka dan keluarganya. Ini tidak dilihat dari aspek pendapatan saja, tapi juga dilihat dari perlindungan, kemapanan dan perencanaan masa depan mitra kami," ujar Michael.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Go-Jek Beroperasi di Gorontalo Mulai Mei 2018

Mulai Mei 2018, masyarakat Gorontalo sudah bisa menikmati berbagai layanan aplikasi Go-Jek yang dapat diunduh melalui AppStore dan Google Playstore. Layanan pertama yang akan dapat diakses adalah Go-Ride, Go-Food, Go-Send, dan Go-Shop.

Untuk tahap awal, seluruh layanan akan difasilitasi oleh mitra pengemudi Bentor.

"Kehadiran berbagai layanan ini tidak hanya akan membantu konsumen. Lebih dari itu, dengan berbagai layanan ini, mitra pengemudi Bentor tidak hanya akan bergantung pada jasa antar penumpang, tapi juga berpotensi mendapatkan penghasilan lain dari jasa-jasa yang tersedia di Go-Jek. Konsumen pun akan merasa lebih terbantu," jelas Strategic Regional Head Kalimantan & Sulawesi Go-Jek, Anandita Danaatmadja.

Berdasarkan riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), mitra pengemudi dan UMKM Go-Jek memberikan kontribusi terhadap perekonomian di Indonesia hingga mencapai Rp 9,9 triliun dalam setahun.

 

3 dari 3 halaman

Perluas Dampak Ekonomi

Kehadiran GO-JEK di Gorontalo diharapkan juga dapat memperluas dampak ekonomi tersebut.

Ketua Ikatan Pengemudi Bentor (IPB) Gorontalo, Iwan Abdul Latif, menyebutkan rasa antusiasmenya atas kemitraan Bentor dengan Go-Jek.

"Kami sudah mendengarkan bagaimana banyak sopir ojek dan orang-orang lainnya di seluruh Indonesia, yang merasakan langsung pendapatannya naik setelah jadi mitra Go-Jek. Di Gorontalo, semua orang pakainya Bentor. Jumlah kami sekitar 27 ribu. Jadi, semoga di Gorontalo pun kami bisa merasakan manfaat Go-Jek," ujar Iwan.

Dalam jangka pendek, Go-Jek akan terus membuka kesempatan bermitra dengan para pengemudi Bentor. Sebelum akhirnya mulai beroperasi, para mitra akan mendapatkan sosialiasi safety riding, pelayanan pelanggan, juga cara menggunakan perangkat smartphone.

Pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pelanggan Gorontalo dalam memanfaatkan jasa Bentor.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.