Sukses

6 Smartphone Flagship Rilis Awal 2018

Liputan6.com, Jakarta - Awal 2018 bisa dibilang menjadi momen persaingan ketat di pasar flagship smartphone. Bagaimana tidak, vendor-vendor smartphone terkemuka hampir bersamaan merilis perangkat premium mereka.

Berdasarkan catatan Tekno Liputan6.com, ada enam smartphone yang dirilis oleh vendor-vendor smartphone kenamaan dunia sepanjang bulan Januari hingga awal April 2018. Apa saja, berikut rangkumannya.

1. Asus Zenfone 5Z

Zenfone 5Z diperkenalkan Asus di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018. Smartphone ini punya layar 6,2 inci dengan desain bezelless dan aspek rasio 19:9. Kendati begitu, secara keseluruhan perangkat ini memiliki ukuran layaknya smartphone 5,5 inci.

Zenfone 5Z menjadi smartphone pertama Asus yang menggunakan Snapdragon 845 dan sudah dibekali platform kecerdasan buatan.

Performa smarpthone ini juga ditunjang RAM 8GB dan memori internal 256GB. Asus juga membenamkan ASUS AI Boost, fitur yang dapat mengoptimalkan kinerja di Zenfone 5Z.

Zenfone 5Z memiliki sistem kamera ganda dengan kecerdasan buatan yang mampu menyesuaikan diri, sehingga mampu memberikan hasil foto terbaik.

Memiliki notch, Zenfone 5Z didukung sensor Sony IMX63 pada kamera utama dua smartphone serta kamera sekunder wide angle hingga 120 derajat.

Kemampuan kamera ini juga ditunjang dengan optical image stabilization (OIS) dan fitur pengenalan lingkungan berbasis kecerdasan buatan.

2 dari 6 halaman

2. Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sudah dijual di Indonesia. Secara fisik, desain yang diusungnya masih berkonsep Infinity Display seperti smartphone seri Galaxy S sebelumnya dengan kedua sisi melengkung.

Diperkuat prosesor Snapdragon 845, RAM 4Gb (Galaxy S9) dan RAM 6GB (Galaxy S9 Plus), smartphone ini mengunggulkan kemampuan kameranya.

Beberapa keunggulan yang diusung yakni Dual Aperture untuk memotret dalam kondisi low light, perekaman super slow motion, hingga AR Emoji.

3 dari 6 halaman

3. Xiaomi Mi MIX 2s

Hadir sebagai smartphone pertama milik perusahaan yang memakai Snapdragon 845, Xiaomi menjanjikan berbagai peningkatan dalam segi performa dan penambahan fitur di dalam Mi MIX 2S.

Dari segi kamera, Mi MIX 2S tampil dengan kamera berkemampuan 12MP pada kedua kamera utamanya, yang mana masing-masing kamera memiliki kemampuan wide angle dan telephoto. Xiaomi juga menyertakan teknologi OIS untuk kamera utama.

Kemampuan kamera perangkat pun semakin maksimal berkat sensor buatan Sony, yaitu IMX363. Xiaomi juga tidak ikut-ikutan tren notch pada flagship smartphone-nya ini.

4 dari 6 halaman

4. Honor View 10

Baru masuk ke Indonesia, Honor langsung memboyong flagship smartphone terbarunya, Honor View 10. Smartphone berbodi metal ini memiliki layar 5,99 inci dengan resolusi 1.080×2.160 piksel dan aspek rasio 18:9.

Menyoal kamera, Honor View 10 dibekali kamera ganda di bodi belakang dengan resolusi 16MP (f/1.8) dan 20MP serta sensor phase detection autofocus, 2x lossless zoom, serta LED flash. Sementara kamera selfie-nya didukung lensa 13MP (f/2.0).

Soal dapur pacunya pun tidak main-main, Honor View 10 dibekali prosesor terkuat Huawei saat ini yakni Kirin 970 yang punya dukungan kecerdasan buatan. Prosesor octa-core itu dipadu dengan RAM 6GB dan ruang penyimpanan internalnya seluas 128GB.

Honor View 10 juga didukung dengan kapasitas baterai 3.750mAh yang diklaim punya waktu talk time hingga 23 jam. Soal keamanan, smartphone ini dilengkapi pemindai sidik jari di bawah layar (pada panel Home). Honor View 10 juga memiliki fitur keamanan berupa face unlock.

5 dari 6 halaman

5. Huawei P20 dan P20 Pro

P20 hadir dengan tiga lensa kamera pada bodi belakangnya. Sekadar diketahui, Huawei P20 hadir dengan tiga kamera utama yang masing-masing punya resolusi 40MP (lensa RGB dengan aperture f1.8) + 20 MP (lensa monokrom dengan aperture f1.6) + 8MP (lensa telephoto dengan aperture f2.4) yang mendukung autofokus.

Kamera selfie-nya pun tidak kalah dengan smartphone yang mengusung keunggulan selfie. Terbukti, Huawei P20 dan P20 Pro memiliki resolusi 24MP dengan bukaan f2.0.

Beralih ke spesifikasi, Huawei P20 dibekali dengan chipset Kirin 970 octa-core, RAM 4GB, dan ruang penyimpanan 64GB. Sementara Huawei P20 Pro dibekali chipset yang sama, dengan varian RAM 6GB dan penyimpanan 128GB.

Soal bodi, Huawei P20 memiliki layar sentuh berukuran 5,8 inci dengan tombol di bawahnya sebagai Home dan panel fingerprint. Sementara, Huawei P20 Pro memiliki layar sentuh berukuran 6,1 inci dan tombol Home sekaligus fingerprint di bawah layar.

6 dari 6 halaman

6. Nokia 8 Sirocco

Salah satu fitur unggulan Nokia 8 Sirocco adalah desainnya yang cantik nan menawan. Bodi dari smartphone ini dibalut dengan kaca 3D melengkung yang dilapisi Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang.

Nokia 8 Sirocco sendiri memiliki bentang layar 5,5 inci dengan panel POLED. Untuk spesifikasi, tentu smartphone ini ditopang dengan prosesor kelas atas, yakni Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 6GB. Untuk urusan memori internal, ia disokong dengan kapasitas 128GB.

Nokia sendiri membanderol smartphone ini dengan harga yang cukup tinggi, yakni 739 euro atau setara dengan Rp 12,6 juta.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bertahun-tahun di Indonesia, Kenapa Xiaomi Baru Rilis Flagship Smartphone?