Sukses

Hacker Berhasil Ubah Nintendo Switch Jadi Tablet

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo Switch dikenal sebagai salah satu konsol gim yang paling laris saat ini. Meski kerap dipakai bermain gim, konsol ini ternyata memiliki fungsi lain yang tak kalah menarik, yakni menjadi sebuah tablet.

Seperti dikutip dari CNET, Kamis (22/2/2018), sekelompok hacker bernama Fail0verflow berhasil mengubah Switch menjadi tablet. Mereka bahkan membenamkan sistem operasi Linux yang membuatnya dapat bekerja seperti tablet biasa.

Aksi peretasan tersebut diunggah Fail0verflow melalui akun Twitter-nya. Dalam video tersebut, terlihat konsol Switch yang dioprek kelompok ini dapat beroperasi layaknya tablet kebanyakan.

Video itu juga menampilkan perangkat ini dapat digunakan untuk mengakses internet melalui web browser. Sayangnya, kelompok tersebut tak membeberkan cara untuk meretas Switch.

Namun, dalam kicauannya, fail0verflow mengklaim bug yang ditanam di Switch untuk membobol sistem keamanan perangkat itu tak dapat ditambal. Mereka juga mengaku tak membutuhkan modchip.

Upaya fail0verflow untuk meretas Switch sebelumnya sudah sempat dipamerkan pada awal bulan ini. Melalui akun Twitter-nya, kelompok tersebut mengunggah gambar Switch yang sedang diprogram Linux.

1 dari 3 halaman

Nintendo Switch Terjual 10 Juta Unit

Nintendo sebelumnya juga telah mengumumkan pencapaian penjualan luar biasa dari Switch. Dalam waktu kurang dari setahun, perusahaan berhasil menjual 10 juta unit Switch. 

Sejak diluncurkan, konsol ini langsung laris manis dan tak lama mejeng di berbagai toko-toko gim di berbagai negara di dunia.

Bahkan, kecepatan konsol ini terjual di pasaran hampir menyamai konsol yang Nintendo luncurkan sebelumnya, yakni Wii.

Diketahui, sejak diluncurkan pada 2006 hingga saat ini, Wii sudah terjual hingga 100 juta unit di dunia.

Dilansir Nintendo, penjualan Switch diproyeksikan untuk tahun pertamanya bisa terjual lebih dari 16,7 juta unit. Ini berarti Switch lebih unggul 3 juta unit untuk penjualan tahun pertama Wii.

2 dari 3 halaman

Kunci Sukses Nintendo Switch

Apa yang membuat konsol baru buatan Nintendo ini bisa sukses di pasaran? Ada dua faktor utama yang berkontribusi untuk tingginya angka penjualan Switch.

Adapun dua faktor tersebut adalah konsep konsol hybrid yang ditawarkan ke pengguna dan deretan judul gim yang didukung oleh pengembang dan penerbit gim kelas atas atau pun indie.

Seperti yang sudah kamu ketahui, konsep konsol gim portabel sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru Switch yang mampu menghadirkan pengalaman bermain gim konsol secara on-the-go dan di TV secara optimal.

Meski hadir sebagai konsol baru dan tidak memiliki kemampuan hardware seperti konsol Ps4 dan Xbox One, nyatanya membuat pengembang gim terus meluncurkan gim-gim miliknya di Switch.

Tak hanya judul gim baru yang hadir ke Switch, judul gim nostalgia seperti Super Mario, Mario Kart, dan Zelda pun dibuat ulang untuk memaksimalkan potensi konsol hybird ini.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Optimistis, Nintendo Janjikan Siklus Usia Switch Lebih dari 6 Tahun
Artikel Selanjutnya
Layar Bermasalah, Pengguna Simpan Surface Pro 4 di Dalam Kulkas