Sukses

Google Hadirkan Gmail Versi Ringan ke Google Play Store

Liputan6.com, Jakarta - Google menghadirkan versi ringan dari Gmail di Play Store, yakni Gmail Go. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Jumat (16/2/2018).

Aplikasi Gmail Go ini hadir bagi pengguna Android yang kesulitan mengecek email lantaran keterbatasan pada perangkatnya.

Sampai saat ini, Google telah menghadirkan versi ringan dari YouTube, Google Assistant, dan Gboard untuk pengguna smartphone Android dengan RAM 1 GB atau kurang dari itu.

Menurut Google, Gmail versi ringan ini hadir lebih ringan dan cepat saat diakses. Gmail Go juga memiliki kemampuan seperti Gmail reguler, yakni saat mengategorikan email yang masuk, entah itu sosial, promosi, dan lain-lain.

Sementara, NDTV melaporkan, Gmail Go bisa dijalankan pada smartphone dengan OS minimal Android Oreo.

Dibandingkan aplikasi Gmail, ukuran data Gmail Go jauh lebih kecil dibandingkan aplikasi Gmail reguler, yakni hanya 9,51MB. Sementara aplikasi Gmail reguler sebesar 20,66MB.

1 dari 3 halaman

Dukungan Ruang Penyimpanan 15GB

Dengan demikian, Gmail Go menjadi lebih ringan saat dipasang di smartphone dan konsumsi data lebih kecil.

Dikonfirmasi oleh Google, Gmail Go akan mendapatkan dukungan penyimpanan gratisan hingga 15GB, fitur anti-spam, dan inbox yang lebih cerdas.

Misalnya saja, Gmail Go mampu memblokir pesan spam secara otomatis menggunakan pengaturan data internal dan algoritma Google.

2 dari 3 halaman

Tandai Spam

Pengguna juga diberikan opsi untuk melaporkan email baru sebagai spam atau menandainya sebagai pesan penting dan menempatkannya pada tap utama.

Penggunanya juga bisa menambahkan label sesuai kategorinya. Gmail Go juga memungkinkan pengguna mengatur notifikasi, misalnya menonaktifkan email yang masuk dari kategori sosial dan promosi.

Bisa dibilang, secara keseluruhan, pengalaman Gmail Go hampir sama dengan yang ada pada aplikasi Gmail reguler.

(Tin/Ysl)