Sukses

Hitachi Vantara: Adopsi IoT Kunci Sukses Transformasi Digital

Kunci penting bagi perusahaan agar mampu bersaing di era digital adalah mengadopsi platform internet of things (IoT).

Liputan6.com, Jakarta - Hitachi Vantara, anak perusahaan Hitachi, menggelar Hitachi Advance Roadshow di Jakarta. Perusahaan tersebut mengundang manajer di bidang teknologi informasi dari beragam perusahaan untuk diberikan edukasi yang mendorong transformasi digital di perusahaan masing-masing.

Chief Technology Officer Hitachi Vantara untuk Kawasan Asia Pasifik, Russel Skingley menyebut, kunci penting bagi perusahaan agar mampu bersaing di era digital adalah mengadopsi platform internet of things (IoT). Menurutnya, solusi IoT mampu mempercepat transformasi digital perusahaan.

"Menurut data McKinsey, kurang dari 40 persen perusahaan di kawasan Asia Pasifik  sudah melakukan transformasi digital, tetapi namun dari angka tersebut baru 5 persen yang sudah melakukan analisa data," ungkap Kingsley di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Padahal menurut Skingsley, data merupakan komoditas penting yang dapat dianalisa dan menemukan berbagai insight di dalamnya. Skingsley mengatakan, insight yang diperoleh ini bisa membantu perusahaan mengembangkan bisnis mereka.

Penggunaan perangkat IoT, kata Skingsley, bisa menghasilkan banyak data yang tentu berguna bagi perusahaan. Ia mencontohkan, status Facebook yang yang diunggah pengguna di platform tersebut bagi banyak orang merupakan hal yang sepele, padahal unggahan tersebut merupakan data.

"Dan Facebook memanfaatkan seluruh data tersebut untuk menganalisa penggunanya dan membantu pertumbuhan bisnisnya," kata Skingsley.

Untuk itu, Skingsley mengajak perusahaan untuk memanfaatkan data dan menganalisanya menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi perusahaan. "Hitachi Vantara ingin membuat konsumen mendapatkan insight dari data-data yang dimilikinya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Platform IoT Milik Hitachi Vantara

Ilustrasi (ist.)

Sementara itu,  Vice President IoT Product Marketing John Magee mengatakan, perkembangan analisa data merupakan hal vital yang dihasilkan dari adopsi IoT di berbagai bidang, entah itu kesehatan, manufaktur, transportasi, smart city, hingga pertambangan.

"Perusahaan dituntut melakukan transformasi digital, tujuannya agar operasional bisnis bisa ditekan seefisien mungkin bahkan bisa menghasilkan peluang bisnis baru. Bagaimana caranya tentu saja dengan mengadopsi IoT dan menganalisa data yang dihasilkan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hitachi Vantara juga memperkenalkan solusi terbarunya untuk platform IoT, yakni Lumada.

Lumada, kata Magee, siap memberikan pengalaman manajemen data yang fleksibel dan dapat diakses di mana dan kapan saja melalui kemampuannya untuk menyajikan perubahan data dalam organisasi secara live.

Dengan teknologi AI atau kecerdasan buatan, Hitachi Lumada diklaim mampu menganalisa data yang dihasilkan dalam jumlah besar oleh perkembangan platform IoT, dengan begitu, perusahaan bisa mengambil keputusan bisnis mereka dengan cepat dan tepat.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.