Sukses

10 Gadget Usang Ini Paling Keren pada Masanya

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan zaman, teknologi pun terus berkembang untuk memudahkan kehidupan penggunanya.

Saking cepatnya perkembangan teknologi, gadget yang dahulu pernah digandrungi kini pun terlihat usang dan ketinggalan zaman, bahkan tak lagi digunakan. Apa saja?

Berikut adalah 10 gadget yang keren pada masanya dan kini sudah ketinggalan zaman.

1. Game Boy

Konsol gim Game Boy terkenal pada 1989 hingga 1900-an. Pada zaman itu, Game Boy digunakan untuk bermain tetris dan gim lainnya.

Saat ini keberadaan Game Boy sudah pasti terkalahkan dengan kehadiran konsol gim modern atau mobile gaming yang bisa dimainkan lewat smartphone.

Game Boy (doc: Tech Insider)

2. Nintendo Entertainment System (NES)

Nintendo Entertainment System (NES) merupakan salah satu konsol gim Nintendo yang paling laris yang pernah dijual.

Kendati begitu, awal 2016 lalu Nintendo mengumumkan akan menghadirkan kembali konsol lawas tersebut dengan nama NES Classic Edition. NES Classic yang baru ini hadir dengan ukuran yang lebih mungil.

NES (Doc: Fox News)

2 dari 5 halaman

Betamax

3. Betamax

Betamax adalah kaset audio atau video yang format perekamannya dikembangkan oleh Sony pada 1975. Sebelum populernya Netflix atau layanan streaming seperti YouTube, Betamax sempat populer.

Kini kabarnya ada jasa transfer Betamax ke format digital.

4. Sony Walkman

Anak 90-an pasti masih sempat merasakan mendengarkan kaset dengan Sony Walkman. Ya, seperti smartphone, perangkat yang satu ini wajib dibawa ke manapun kamu pergi.

Sony Walkman

3 dari 5 halaman

Disket

5. Disket alias Floppy Disk

Disket alias floppy disk dulu jamak digunakan untuk menyimpan pekerjaan rumah dari sekolah. Meski kapasitasnya kecil yakni 1,44MB, disket sangat berguna pada jamannya. Sekarang fungsi disket tergantikan oleh flashdisk yang memiliki kapasitas lebih besar.

6. Nokia 3310

Siapa pernah memiliki ponsel Nokia 3310? Ponsel ini melegenda di tahun 2000-an silam. Bagi banyak orang, Nokia 3310 bahkan dikenal sebagai ponsel pertama mereka.

Awal Februari 2017, pemegang merek Nokia, HMD Global, menghadirkan kembali versi baru dari Nokia 3310 atau dikenal sebagai Nokia 3310 reborn.

Nokia 3310 masih bisa dipakai untuk main Snake 2 (Photo: Hull Daily Mail)

4 dari 5 halaman

Tamagochi

7. Tamagochi

Tamagochi dirilis sekitar 20 tahun lalu dan hampir semua anak kecil menggunakan perangkat ini untuk memelihara hewan peliharaan digital mereka.

8. OHP

Siapa yang masih kenal dengan Over Head Projector? Ya, sebelum adanya proyektor digital, OHP biasa digunakan untuk menampilkan presentasi dengan pastik beningan.

	Overhead projector (Sumber: Amazon)

5 dari 5 halaman

Kamera Polaroid

9. Kamera Polaroid

Polaroid sebenarnya adalah nama sebuah brand, namun orang banyak menganggapnya sebagai kamera foto instan. Kamera ini juga termasuk gadget yang keberadaannya kian tergerus dengan kamera digital.

10. Mesin Ketik

Siapa yang pernah mengetik dengan mesin ketik? Meski berat dan terkesan boros kertas, mesin ketik sangatlah berguna pada zamannya. Gadget ini ditemukan pada tahun 1870, sudah sangat tua bukan usianya?

Mesin ketik kini telah tergantikan oleh komputer, laptop hingga Bluetooth keyboard yang bisa langsung dihubungkan ke smartphone atau tablet untuk mengetik.

Mesin Ketik (Sumber: CBS News)

 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: