Sukses

Terkuak, Ini Fakta Jubah Tak Terlihat yang Viral di Internet

Liputan6.com, Jakarta - Kamu penggemar novel dan film Harry Potter? Jika iya, pasti tahu jubah tak terlihat alias invisibly cloak milik Harry Potter yang diwariskan dari sang ayah.

Jubah tersebut membuat pemakainya jadi tidak terlihat oleh orang lain. Baru-baru ini, media sosial Tiongkok dihebohkan dengan video yang memperlihatkan jubah tak terlihat.

Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/12/2017), pengguna medsos sangat takjub dengan produk yang kabarnya merupakan buatan Tiongkok itu.

Mulanya video berisi pria mengenakan jubah tak terlihat itu diunggah di Weibo oleh Wakil Kepala Departemen Investigasi Kriminal di Kementerian Keamanan Publik Tingkok Chen Shiqu. Video viral itu telah disaksikan hingga 21,4 juta kali per 9 Desember 2017.

Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

Dalam video yang dibagikan itu, tampak seorang pria mengenakan jubah tak terlihat kemudian menghilang di depan kamera dan hanya terlihat bagian wajahnya yang tidak ditutupi jubah.

Saat membagikan video tersebut, bahkan Chen mengatakan, jubah tak terlihat tersebut bisa sangat bermanfaat di dunia militer.

	Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

Dia juga menuliskan, "Ini adalah kain yang dibuat dengan teknologi kuantum dari bahan transparan yang dapat mencerminkan gelombang cahaya di sekitar, sehingga bisa membuat orang tersebut (seolah) menghilang."

1 dari 2 halaman

Ternyata Hoax Belaka

 Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasifif)

Keberadaan jubah tak terlihat itu dibantah oleh seorang produser di perusahaan produksi konten Quantum Video Zhu Zhensong. Kepada media lokal Liberation Daily, Zhu menegaskan, jubah tak terlihat tak pernah ada.

Kepada reporter, Zhu mengatakan, video tersebut telah diedit dan aslinya jubah tak terlihat itu difilmkan dengan kain plastik biru atau hijau.

Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

"Software seperti Adobe After Effects, Nuke, atau Blackmagic Fusion dapat mengedit background dan menyatukannya dengan objek di sekitarnya. Efek ini sebelumnya juga dipakai dalam banyak film action," kata Zhu menjelaskan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Bikin Merinding, Penampakan Mahluk Misterius Gegerkan Warga
Artikel Selanjutnya
Geger Perempuan Berbikini Tak Berkepala di Google Maps