Sukses

Ilmuwan Temukan Cara Membuat Alat ala Jubah Harry Potter

Liputan6.com, Jakarta - Jubah tembus pandang mungkin hanya bisa kita lihat di film penyihir populer, Harry Potter. Akan tetapi, sekelompok peneliti berhasil menemukan cara untuk membuat benda dengan berbagai ukuran terlihat tembus pandang.

Alat tembus pandang ini dikembangkan oleh sejumlah peneliti dari Universitas Rochester. Mengutip laman Ubergizmo, perangkat unik yang dibuat dari serangkaian lensa murah itu diberi nama Rochester Cloak.

Meski memiliki fungsi yang nyaris sama, Rochester Cloak ternyata berbeda jauh dengan jubah ajaib yang ada di Harry Potter. Rochester Cloak lebih menyerupai peralatan rumit yang biasa dipakai dokter mata. Untuk membuat benda tembus pandang, objek yang ingin 'dihilangkan' harus ditempatkan di belakang sejumlah lapis lensa.

"Dari apa yang kami ketahui, ini adalah peralatan tembus pandang yang dapat menyembunyikan benda tiga dimensi secara multi-direksi," kata Joseph Choi, salah satu mahasiswa yang ikut terlibat dalam pengembangan metode Rochester Cloak.

Ketika menjalani sejumlah uji coba, para ilmuwan tersebut mencoba menghilangkan tangan, wajah maupun penggaris. Mereka berhasil membuat objek-objek ujicobanya tak terlihat sementara benda di belakangnya masih terlihat.

Meskipun memiliki fungsi unik, perangkat baru ini disebutkan tak menelan biaya terlalu besar. Para ilmuwan dari Rochester University mengaku mengeluarkan biaya US$ 1.000 atau setara Rp 1,2 juta untuk membuat satu unit Rochester Cloak.

Loading