Sukses

Jubah Tak Kasatmata ala Harry Potter Bisa Jadi Kenyataan

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya jika benda-benda magis di film Harry Potter menjadi kenyataan? Jubah yang bisa membuat pemakainya tak kelihatan, misalnya.

Sebab, menurut laman yang dilansir Engadget, Kamis (17/3/2016), teknologi jubah tak kasatmata sedang dikembangkan oleh Iowa University di Amerika Serikat.

Teknologi meta-material tersebut bisa menipu kamera dan radar, bahkan mata manusia. Meskipun belum sepenuhnya, teknologi jubah tersebut disebut dapat menjadi cikal bakal teknologi di masa depan.

Teknologi ini bekerja dengan cara melekatkan cincin resonator yang terisi dengan zat gallium ke dalam lembar silicon. Menarik lembaran tersebut dapat menyebabkan perubahan pada gelombang radar tertentu sehingga aplikasinya mirip seperti teknologi pada pesawat siluman.

Selain itu, para peneliti di University of California di Berkeley juga telah mengembangkan sebuah teknologi yang dapat merefleksikan cahaya sehingga membuat sebuah obyek tidak kelihatan.

Metode ini menggunakan antena nano yang terbuat dari emas yang berfungsi untuk mengubah alur gelombang cahaya. Dengan begitu, benda yang terkena cahaya tetap tidak terlihat karena efek polarisasi dari antena emas tersebut.

(Tia/Cas)

Loading