Sukses

Samsung Galaxy S9 Bakal Sontek iPhone X?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Apple mengumumkan semua lini iPhone 2017, publik pun penasaran dengan rencana Samsung untuk smartphone flagship tahun depan. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah rencana Samsung mengenai fitur pengenalan wajah dan sensor sidik jari.

Dilansir Softpedia, Senin (30/10/2017), mengutip informasi dari akun pembocor terpercaya, Universelce, flagship terbaru Samsung pada tahun depan, yaitu Galaxy S9, tidak akan memiliki sensor pemindai sidik jari di dalam layar. Ia mengklaim informasi tersebut 100 persen akurat.

Informasi tersebut kemudian memicu prediksi lain tentang Galaxy S9. Samsung diperkirakan memiliki dua opsi untuk Galaxy S9, yaitu meniru langkah Apple dengan menghadirkan fitur pengenalan wajah seperti iPhone X, atau tetap menggunakan sensor pemindai sidik jari yang berada di bodi belakang.

Kedua opsi tersebut dinilai sama-sama memiliki peluang besar, sehingga tidak menutup kemungkinan Samsung akan menggunakan keduanya. Samsung sebenarnya telah melakukan hal tersebut pada Galaxy S8, tapi bedanya, S9 akan memiliki kamera 3D sensing, seperti iPhone X.

Kehadiran smartphone flagship Apple dan Samsung selalu menarik perhatian dan orang-orang kerap membandingkan keduanya. Keduanya memang bersaing ketat di pasar smartphone, tapi sekaligus menjalin kerjasama mengingat Samsung merupakan manufaktur sejumlah komponen produk Apple.

Apple dan Samsung, seperti sejumlah vendor smartphone lain sangat tertarik terhadap sensor sidik jari di dalam layar. Namun, sampai saat ini belum ada satu pun yang bisa mewujudkannya dalam produk komersial. Ada sejumlah masalah teknis yang belum bisa diselesaikan.

Apple sendiri mengembangkan sejumlah prototype dengan fitur itu, bahkan produksi massal iPhone X sempat tertunda karena hal tersebut. Namun, iPhone X pada akhirnya meluncur dengan fitur pengenalan wajah tanpa sensor sidik jari.

Nasib Samsung pun tak jauh berbeda. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu dilaporkan akan bisa menghadirkan sensor pemindai sidik jari pada Galaxy Note 9 yang kemungkinan dirilis pada semester II 2018, sedangan Galaxy S9 yang akan hadir pada awal 2018 tidak akan memiliki fitur tersebut.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mengoptimalkan Masker Kain untuk Cegah Penularan Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Hanya Lewat Iklan, Mazda Indonesia Luncurkan 2 Model Baru Saat Pandemi Corona Covid-19