Sukses

Perkembangan Teknologi dalam Pembuatan Karya Seni

Teknologi yang semakin canggih ternyata juga bisa digunakan dalam membuat suatu karya seni bernilai tinggi.

Liputan6.com, Tokyo: Menciptakan suatu karya seni yang indah biasanya disertai dengan prinsip-prinsip estetik, konsep ekspresi, serta pengetahuan bahan, dan teknik. Semua hal itu bisa didapat dengan menggunakan teknologi canggih dalam membuat suatu karya seni bernilai tinggi.

Dalam pembuatan karya berwujud tiga dimensi, Universitas Tokyo di Jepang mengembangkan teknologi baru yang menggunakan sinar laser untuk mereproduksi karya seni terkenal, baru-baru ini. Sinar laser ke penjuru arah mengukur ukuran dan bentuk patung. Sebuah cetakan dihasilkan dari data dan bahan yang sama digunakan dalam karya seni asli tersebut. Hasilnya kemudian dituangkan di dalamnya.

Metode ini memungkinkan mereproduksi warisan budaya negara yang semakin tua digerus zaman tanpa menyentuh fisiknya. Teknik ini juga dapat digunakan untuk merekam data yang akurat tentang kekayaan budaya. Kemajuan teknologi juga bisa membantu negara untuk mempertahankan warisan budaya.(DES/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini